Mbiz Gandeng Pemprov Jatim Kembangkan Jatim Bejo

CEO Mbiz, Rizal Paramarta (ketiga dari kiri) dan Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (keempat dari kiri) disela-sela peluncuran program JATIM BEJO di Dyandra Convention Hall, Surabaya .

Mbizmarket semakin menunjukan eksistensinya. Mbizmarket.co.id,  merupakan platform e-commerce yang dikembangkan oleh PT Brilliant Ecommerce Berjaya, perusahaan rintisan yang menjadi trend setter e-marketplace B2B di Indonesia. 

Setelah dipercaya di lingkungan Pemprov Jawa Barat (Januari 2020), Pemprov Bali  (Juli 2020), kini Pemprov Jawa Timur kini menggandeng mbizmarket untuk mengimplementasikan belanja di toko daring melalui program JATIM BEJO (Jawa Timur Belanja Online).

Menurut CEO Mbiz, Rizal Paramarta, melalui program ini Mbiz akan mendukung pertumbuhan UKM di Jawa Timur, dengan menggandeng rekanan strategis di bidang keuangan untuk membuka akses pinjaman modal, membantu pelaku UKM, khususnya yang menjadi penyedia di lingkungan pemprov Jawa Timur, yang mengalami keterbatasan permodalan.  

Selain menyediakan infrastruktur teknis platform mbizmarket, dan menyediakan layanan dukungan transaksi bagi pemerintah provinsi, kota dan kabupaten di Jawa Timur, Mbiz akan membantu membuka jaringan pasar bagi UKM di Jawa Timur secara nasional.   “Kami berharap usaha ini dapat secara nyata mempercepat laju pemulihan UKM yang terdampak pandemi COVID-19,” kata Rizal.

Indah Wahyuni,  Kepala Biro Pengadaan Barang dan jasa Pemprov Jawa Timur, menambahkan dengan diimplementasikannya JATIM BEJO ini, akan memudahkan Biro Pengadaan Barang/Jasa dalam melaksanakan pengawasan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa terutama terhadap pengadaan yang belum dapat sepenuhnya diselenggarakan secara elektronik, serta lebih menjamin akuntabilitas pengadaan barang/jasa.  

Hal ini akan mendorong terciptanya persaingan pasar yang terbuka dan sehat, sehingga membantu memberikan nilai manfaat yang sebesar-besarnya atau value for money dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk daerah, peningkatan peran UMKM.

Platform perdagangan elektronik mbizmarket secara langsung telah diakui  eksistensi dan perannya oleh Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). KPK menilai inisiatif transformasi digital di bidang pengadaan barang dan jasa melalui pemanfaatan Mbimarket oleh pemerintah provinsi, merupakan bagian dari upaya pencegahan korupsi.  Semangat ini sejalan dengan Aksi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stra-nas PK) yang berlangsung sejak 2019.  Kerjasama  Mbizmarket dengan Pemerintah Provinsi  Jawa Timur ini diharapkan dapat direplikasi oleh pemerintah provinsi lain di tanah air.

Dalam acara peluncuran JATIM BEJO, Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur mengungkapkan program JATIM BEJO  bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas pengadaan barang/jasa melalui optimalisasi pemanfaatan e-marketplace dalam bentuk toko daring. 

Dengan internalisasi ini, diharapkan terjadi percepatan, stimulus ekonomi daerah, sekaligus orkestrasi dan mobilisasi budaya belanja online pada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dapat segera terwujud, serta mampu memberikan kontribusi yang positif dalam peningkatan peran pelaku UMKM, serta dalam arti yang lebih luas menciptakan perlindungan berusaha kepada Pelaku Usaha, baik Pelaku UMKM, maupun pelaku usaha non kecil (Usaha Menengah dan Usaha Besar) secara proporsional dan adil.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)