Technology Trends zkumparan

MCAS dan NFCX Akuisisi Perusahaan Periklanan Digital DMS

Sumber foto: LinkedIn

PT NFC Indonesia Tbk. (NFCX) dan PT M Cash Integrasi Tbk. (MCAS) sepakat mengakuisisi saham PT Digital Marketing Solution (DMS) masing-masing sebesar 30% dan 5%. DMS adalah perusahaan iklan digital berbasis cloud di Indonesia.

Investasi ini merupakan bagian dari strategi NFCX untuk memperkaya bursa iklan digital dan strategi MCAS dalam memperluas jaringan distribusi digitalnya di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi berbasis cloud. Diperkuat dengan Artificial Intelligence (AI) dan layanan end-to-end yang terintegrasi, dengan saluran komunikasi online ke offline, jaringan DMS saat ini mencakup lebih dari 4,000 titik di 19 kota yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

Jaringan iklan yang luas dimiliki oleh DMS, terbukti beberapa usaha ritel besar dan fast-moving consumer goods (FMCG) di Indonesia menjadi kliennya. Grup Djarum, Indomaret, Circle-K, The Body Shop Indonesia, dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah beberapa klien DMS yang beroperasi melalui jaringannya yang luas di seluruh Indonesia. Direktur DMS, Budiasto Kusuma, menjelaskan, kolaborasi strategis dengan NFCX dan MCAS akan memperluas jaringan DMS untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Perluasan jangkauan audiens ini bukan hanya melalui saluran offline DMS di bisnis ritel, namun juga melalui saluran distribusi digital milik NFCX dan MCAS. “Kami memanfaatkan disrupsi teknologi: melalui digital cloud, penayangan iklan dapat dikelola tanpa harus datang ke lokasi. Dilengkapi dengan analytical smart camera, mobile-based apps dan Artificial Intelligence, kami pun dapat menayangkan iklan kepada audiens yang tepat,” ungkap Budiasto. Teknologi analytical smart camera yang dimiliki DMS juga berguna mengumpulkan profil konsumen untuk para klien. Menurut Budiasto, kolaborasi teknologi ini didukung oleh sinergi usaha yang kuat, yang akan membedakan posisi DMS di industri dan memberikan solusi bagi industri periklanan di Indonesia.

Abraham Theofilus, Presiden Direktur NFCX, menjelaskan, kolaborasi ini akan memberikan sinergi yang menguntungkan bagi NFCX dan DMS dalam memperbesar customer acquisition. DMS akan memperoleh keuntungan melalui full exposure dari teknologi bursa digital NFCX, dan pengembangan ekosistem iklan yang sedang dilakukan. “NFCX pun akan diuntungkan karena DMS akan memperkaya platform layanan iklan milik NFCX. Melalui investasi ini, akan lebih banyak lagi sinergi yang dapat dikembangkan,” ujarnya.

Direktur MCAS, Suryandy Jahja, juga menambahkan bahwa tahun ini, MCAS akan memulai bisnis iklan melalui kios digital. “Kami merencanakan untuk meng-install layar TV tambahan di atas mesin kami sebagai layar monitor dan badan kios yang akan menjadi sarana untuk iklan, yang tentunya akan menjadi arus pendapatan baru kami,” jelasnya. Ini akan menjadi titik di mana keahlian DMS dalam teknologi digital cloud advertisement akan membawa nilai tambah yang besar untuk bisnis MCAS.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved