McDonald's Siapkan 6,2 Juta Keping McCoin untuk 50 Negara

McDonalds merilis MacCoin dalam rangka merayakan hari ulang tahun Big Mac yang ke-50  di Jakarta (2/8/2018). Koin tersebut dapat ditukarkan dengan satu Big Mac ala carte dan bisa didapatkan dengan membeli paket hemat BigMac di gerai atau drive thru.

Selain Indonesia, pembagian MacCoin diikuti oleh restoran McDonald's di lebih dari 50 negara dengan program berbeda di masing-masing negara.

Big Mac merupakan produk McDonald's yang berisiikan dua potong daging sapi, saus spesial, selada, keju, acar timun, bawang dalam rotu berwijen. Produk ini telah diakui secara universal, bahkan The Economist menciptakan Indeks Big Mac sebagai alat ekonomi untuk membandingkan daya beli sebagai mata uang internasional dari tahun ke tahun. Konektivitas global Big Mac menginspirasi kehadiran MacCoin.

“Semenjak diperkenalkan di sebuah restoran McDonald’s yang dimiliki oleh sebuah keluarga 50 tahun yang lalu, Big Mac telah menjelajahi dunia dan dinikmati di berbagai kota mulai dari Jakarta hingga Chicago, menyajikan momen-momen yang lezat dan menyenangkan bagi orang-orang di seluruh dunia, ” tutur Presiden dan CEO McDonald’s Corporation, Steve Easterbrook. Jadi, pihaknya ingin perayaan global yang unik seunik burger itu sendiri.

McDonald’s menyiapkan 6,2 juta MacCoin untuk didistribusikan ke 50 negara. Dari jumlah itu, akan ada 5 desain unik yang masing-masing mewakili satu dekade Big Mac. Desain tersebut diambil dari unsur sejarah perkembangan seni, musik, dna budaya pop tiap dekade, sementara sisi lainnya menampilkan gambar perayaan ulang tahun Big Mac yang ke-50.

Desain menampilkan flower power yang menjadi tren pada era tahun 1970-an dan desain tahun 1980-an mengacu pada perkembangan pop art. Bentuk yang abstrak dan berani mendefinisikan era 1990-an dan awal tahun 2000-an secara khusus berfokus pada masa perkembangan teknologi yang berada di garis depan pada pergantian abad.

Era 2010-an merayakan perkembangan Big Mac dalam 10 tahun terakhir dan memberi perhatian khusus pada evolusi komunikasi. Selain itu, tujuh bahasa yang ditampilkan dalam berbagai desain MacCoin mewakili banyak negara yang berpartisipasi dalam perayaan ulang tahun Big Mac ke-50, di antaranya bahasa Arab, Inggris, Indonesia, Mandarin, Portugis, Prancis dan Spanyol.

Di Indonesia, perayaan 50 tahun Big Mac dan program MacCoin ini telah dimulai sejak tanggal 31 Juli, di mana Armored Truck (truk lapis baja) akan melakukan roadshow ke beberapa gerai McDonald’s untuk mendistribusikan kantung uang berisi MacCoin. Kantung uang tersebut akan disimpan di dalam brankas dengan keamanan khusus. Indonesia akan menerima sebanyak 65,800 keping MacCoin yang akan disebar di semua restoran McDonald’s di seluruh Indonesia.

“Perayaan 50 tahun Big Mac ini merupakan hal penting bagi sejarah McDonald’s. Harapan kami adalah merayakan ikon global McDonald’s ini dengan mengajak konsumen untuk ikut berpartisipasi dan bergembira bersama kami,” ujar Michael Hartono, Direktur Pemasaran dan Komunikasi McDonald’s Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)