MDIS Fasilitasi Mahasiswa Eksplorasi Fashion Global

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswanya, The Management Development Institute of Singapore (MDIS) menyelenggarakan program fesyen dan desain yang terakreditasi secara internasional. Selain itu, menggandeng Nottingham Trent University Inggris dan berkolaborasi dengan merek-merek fesyen global agar agar para mahasiswa mendapat kesempatan eksposur lebih luas.

MDIS menyediakan pengalaman langsung bagi mahasiswa dan membantu menghadirkan hasil karyanya cara komersial di pasaran. Seperti yang beru dilakukan MDIS belum lama ini, yaitu menghadirkan produk Blumex yang merupakan hasil kolabarosi MDIS dengan merek Blum & Co. di lini fashion baru untuk wanita eksekutif muda.

Mahasiswa Fashion Design MDIS asal Indonesia, Agata Maureen (19 tahun), mengakui baru satu tahun kuliah di kampus ini, namun kini sudah cukup mahir dalam menjahit, dan makin percaya diri untuk mewujudkan gagasan-gagasannya ke dalam bentuk pakaian nyata. “Saya sejak lama bercita-cita untuk bekerja di toko merek fashion ternama. Dan saya kini bisa mengembangkan bakat dan gagasan, sehingga makin percaya diri,” kata Agata di Jakarta. Menurutnya, MDIS menyediakan berbagai keuntungan bagi mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan dengan beragam program fashion dan desain yang terakreditasi secara internasional, serta kerja sama dengan Nottingham Trent University di Inggris.

Program Fashion Design MDIS membina generasi baru yang kreatif dan profesional dalam spesialisasi bidang fashion design, pemasaran dan branding, serta produk fashion dan promosi melalui edukasi bertaraf internasional dan mutu kualitas pembelajaran yang tinggi. Melalui pendekatan yang aktif dan berorientasi pada praktek, program ini mengintegrasikan konsep teoritis dengan berbagai aspek lainnya, seperti budaya, visual, dan praktek didalam modul pembelajaran yang membuat mahasiswa mendapat tidak hanya pengetahuan secara teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman dalam prakteknya.

Program Fashion dan Design MDIS juga difokuskan untuk mengembangkan keterampilan praktek mahasiswanya dengan menyediakan studio fashion yang lengkap, pusat sumber daya (resource hub) yang berisi beragam materi pembelajaran, serta berbagai fasilitas lainnya yang menunjang.

Mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek yang berkolaborasi dengan berbagai merek di industri fesyen seperti Blum & Co., Dolce&Gabbana, MaxMara, Bata dan lainnya. Banyak juga peluang untuk berpartisipasi dalan berbagai ajang fashion ternama seperti Singapore Fashion Week dan acara regional lainnya di Hong Kong, Indonesia, dan Malaysia.

Kristina Emilia salah satu alumni MDIS mengaku ketika baru masuk menemui kesulitan. Walau ingin jadi desainer, awalnya dia tidak bisa menggambar, sketsa, atau pembuatan pola. Namun karena dukungan yang positif dari teman-teman dan bimbingan dari dosen yang mampu meyakinkannya, dia akhirnya mampu melewati keraguan itu semua.

“Saya telah berpartisipasi mendesain baju anak-anak untuk Ghim Li (perusahaan pengelola pakaian dan tekstil global di Singapura), dan saya juga memenangkan hadiah atas kontrubusi saya. Itu adalah momen yang sangat mengesankan karena saya merasa telah memperoleh suatu pencapaian atas kerja keras saya,” sambungnya. Ia pun mengaku sudah menemukan passion bidang fashion marketing dan branding. “MDIS telah membantu saya mewujudkan semua ini," ujar Kristina.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)