Melalui Lini Bisnis IoT, Mitratel Dukung Transformasi Telkom

Herlan Wijanarko, Direktur Utama Mitratel

Transformasi digital melalui teknologi Internet of Things (IoT) memiliki banyak manfaat untuk industri-industri di Indonesia. Adanya teknologi IoT dalam berbagai industri di Indonesia, dirasa sangat perlu untuk menunjang perusahaan-perusahaan dan berbagai platform agar mampu bersaing dalam skala besar. Industri yang menjadi tujuan dalam implementasi untuk menuju industri 4.0, antara lain, industri makanan dan minuman, otomotif, elektronika, kimia, tekstil, dan garmen.

Untuk mendukung langkah tersebut Mitratel -anak usaha Telkom Indonesia yang bergerak di bidang infrastruktur telekomunikasi- menggelar event “IoT Conference Mitratel  2019”.

Dengan tema "IoT, Lives Easier, Lives Better", menurut Direktur Utama Mitratel Herlan Wijanarko, pihaknya yakin selain mampu mendapatkan banyak pemahaman dari pakarnya langsung, kehadiran para pelaku bisnis di ekosistem IoT bisa membawa banyak kerja sama baru bagi peserta event

Mengingat IoT Conference Mitratel 2019 menghadirkan pembicara yang merupakan pakar teknologi berbasis IoT mulai dari Kepala Badan Pengkajian & Penerapan Teknologi Hammam Riza, EVP Media & Digital Telkom Indonesia Joddy Hernady, Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Ir Suhono Harso Supangkat, M.Eng, dan Direktur Bisnis Mitratel Rakhmad Tunggal Afifuddin. 

"Dengan hadirnya pelaku bisnis, customer, regulator, sampai inovatornya, mereka bisa langsung berkolaborasi untuk menghasilkan portofolio berbasis IoT. Dengan begitu, IoT Conference Mitratel 2019 bisa menjadi titik start bagi kemajuan industri teknologi berbasis IoT," kata Herlan.

Herlan berharap, event tersebut  dapat mendukung langkah transformasi Telkom menjadi perusahaan telekomunikasi digital melalui lini bisnis IoT. Selain itu, IoT Conference Mitratel 2019 diharapkan bisa menghubungkan berbagai pihak terkait IoT, baik customer, partner, regulator, pemilik bisnis teknologi, dan elemen pendukung lainnya. IoT sendiri sudah banyak diterapkan di berbagai sektor yang berperan besar dalam perkembangan industri 4.0.

Diakui Herlan, bisnis IoT adalah salah satu tren teknologi strategis yang diperkirakan akan terus berkembang. "Kita harus memastikan pemilik teknologi, regulasi, serta ekosistem IoT dapat bekerjasama untuk menjadikan bisnis IoT sebagai salah satu portfolio product yang memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Langkah transformasi bisnis lain yang dilakukan Mitratel adalah penyediaan infrastruktur seperti penanganan  kabel serat optik , jasa power plant, serta jasa pemeliharaan di mana untuk bisnis serat optik dan jasa pemeliharaan  sekarang sudah dilakukan, sedangkan untuk power plant masih dilakukan penjajakan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)