Meluncur ke Indonesia, Berikut Langkah Awal Google Cloud

Google akan memperluas layanan Google Cloud ke Indonesia. Regional Director Google Cloud, Tim Synan, mengatakan bahwa Google Cloud akan meluncurkan Region Cloud Jakarta pada paruh pertama tahun depan. Indonesia dipilih sebagai wilayah ke-21 untuk investasi data center yang akan menjadi komputasi awan (cloud) guna melayani wilayah di regional Asia Tenggara.

Mempersiapkan hal itu, Google Cloud melakukan sejumlah langkah penting dalam rangka memasuki pasar Indonesia. Langkah tersebut yaitu penunjukkan country director baru untuk Indonesia, pengembangan kemitraan, dan sertifikasi berbahasa Indonesia.

“Indonesia adalah kekuatan digital dan pasar yang penting bagi Google Cloud di Asia Tenggara. Sambil bersiap untuk peluncuran Region Cloud Jakarta pada Semester I/2020, kami terus berada di depan dengan beragam penawaran dan kemitraan lokal untuk mendorong pengunaan Cloud dan mempercepat Indonesia 4.0,” ujar Tim di acara Google Cloud Summit 2019 di JIExpo Kemayoran.

Google Cloud menunjuk Megawaty Khie sebagai Country Director baru untuk Indonesia. Mega akan berada di bawah Tim Synan, tugasnya menggerakkan semua operasi revenue dan go-to-market untuk protofolio solusi yang beragam, termasuk Google Cloud Platform (GCP) dan G Suite. Sebelumnya, Mega menjabat sebagai Presiden Direktur IBM Indonesia.

Mega menjelaskan, Google Cloud kini menyediakan sertifikasi GCP dalam Bahasa Indonesia, dimulai dengan sertifikasi Associate Cloud Engineer yang saat ini juga ditawarkan oleh Digital Talent Scholarship dari Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi.

“Pendekatannya untuk mengakselerasi penggunaan Cloud antar lain training enablement, sertifikasi. Memberikan saran yang sesuai sektor masing-masing, serta penggunaan Bahasa. Intinya membantu lebih banyak masyarakat untuk mendapatkan keterampilan dan kualifikasi baru, membantu mencarikan solusi pada kompleksitas bisnis dan tantangan teknologi,” jelas Megawaty.

Sementara itu, terkait pengembangan kemitraan, Google Cloud dan Accenture mengumumkan pengembangan kemitraan global mereka untuk membangun solusi cerdas dan keahlian lokal guna membantu perusahaan di Indonesia mempercepat pemanfaatan Cloud.

Fokus awal adalah pada industri ritel, barang konsumsi kemasan, dan kesehatan. Kedua perusahaan akan mengembangkan penawaran yang spesifik dalam tiga area utama, yakni interaksi pelanggan multi-channel, memperbaiki manajemen data, dan menciptakan layanan hiper-personalisasi dalam pemasaran, penjualan, dan layanan.

Selain itu, kerja sama ini juga akan membuahkan Accenture Google Cloud Center of Excellence untuk mengembangkan solusi di area dengan pertumbuhan tinggi dan mempercepat penggunaan Google Cloud di antara klien, serta menarik talenta global untuk meningkatkan kapabilitas tenaga kerja lokal.

“Sebagai service company kami melihat bahwa semua adalah perihal people. Jadi hal pertama yang kami lakukan adalah pelatihan pada Google Cloud Platform. Kami percaya bahwa bisa saling melengkapi antara expertise dari luar dengan talenta lokal Indonesia. Kami telah melakukan training dan menetapakn set yang sangat baik,” ujar Seong Kim, CEO Accenture Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)