Menengok Fasilitas Tokopedia Care Yogyakarta yang Ramah Difabel

Tokopedia Care Yogyakarta
Peresmian Tokopedia Care Yogyakarta oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Vina Anggita)

Perusahaan teknologi Tokopedia meresmikan pusat layanan pengguna Tokopedia Care di Yogyakarta. Peresmian gedung ini tidak lepas dari misi besar perusahaan untuk mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital.

Selama Kuartal I 2022, jumlah pembeli di Tokopedia khusus di Yogyakarta meningkat hampir dua kali lipat dibanding periode yang sama pada tahun 2021. Kenaikan ini menjadi salah satu latar belakang kehadiran Tokopedia Care di Yogyakarta. Tokopedia pun berharap bisa semakin mempermudah masyarakat DIY mendapatkan layanan terbaik.

"Tahun ini sudah tahun ke -13 Tokopedia berdiri. Kami mulai dengan misi menciptakan super ecosystem di mana semua orang bisa memulai dan mencari apa saja, dan kami selalu berkomitmen untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital. Hal ini tidak mungkin bisa kami capai tanpa kepercayaan. Salah satu elemen penting yang mendukung kami dalam memberikan kepercayaan yang sangat tinggi kepada pelanggan adalah Tokopedia Care," ujar Leontinus Alpha Edison, Vice-Chairman and Co-founder Tokopedia saat peresmian di Yogyakarta, Rabu (15/06/2022).

Bekerja sama dengan PT IGT Solutions, Tokopedia Care Yogyakarta kini berhasil memberdayakan lebih dari 900 Nakama yang mana 90%-nya merupakan talenta lokal setempat. Secara keseluruhan, Tokopedia sudah memiliki lebih dari 6.000 Nakama.

Perusahaan juga membuka peluang kerja seluas-luasnya bagi para talenta digital terbaik DIY, termasuk perempuan dan difabel. Menurut Leon -panggilan akrab Leontinus- talenta adalah aset terbesar perusahaan dan Tokopedia percaya, siapa pun dapat berperan dalam upaya mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital.

"Tidak kalah penting teman-teman difabel, dengan segala keterbatasannya mereka bisa tetap produktif dan berkarya bersama Tokopedia membangun visi misi perusahaan. Kami juga memperjuangkan kaum perempuan. Meski kami perusahaan teknologi yang identik dengan laki-laki, tetapi di Tokopedia berimbang. Kami banyak leader perempuannya," jelas Leon.

Leon menyebut, Gedung Tokopedia Care memiliki infrastruktur yang ramah difabel. Mulai dari meja khusus pengguna kursi roda, jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, hingga musala dan kamar kecil yang dirancang khusus untuk difabel.

"Peluncuran Tokopedia Care Yogyakarta yang ramah difabel ini sejalan dengan komitmen Grup Goto untuk mencapai Komitmen Keberlanjutan 'Tiga Nol' atau sustainability commitment 'Three Zeroes', khususnya untuk Nol Hambatan (Zero Barrier)," tutur Leon. Sebagai informasi, selain komitmen Nol Emisi dan Nol Sampah, Goto juga berkomitmen pada nilai-nilai keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (DEI) agar seluruh ekosistemnya mendapatkan akses yang setara untuk memanfaatkan ekosistem Goto.

Kantor dengan dominasi warna hijau ini pun memiliki fasilitas game room, yang di dalamnya terdapat beberapa permainan seperti basket, playstation, dan billiard. Adapula relax room yang berfungsi sebagai tempat istirahat para Nakama, coaching room, meeting room, hingga training room.

Tokopedia juga mengimplementasikan digital customer service atau layanan pengguna yang sepenuhnya berbasis digital. Artinya, pengguna Tokopedia dapat mengakses dan menyelesaikan segala kendala secara cepat, tepat dan transparan melalui layanan 24/7 Tokopedia Care yang tersedia lewat berbagai kanal digital, termasuk chatbot, live chat, media sosial, email hingga Pusat Resolusi.

Untuk mempermudah pelaku UMKM DIY mengembangkan usaha, Tokopedia Care juga nantinya akan dilengkapi dengan Merchant Engagement Hub di mana para UMKM dapat berkumpul, berkonsultasi dengan tim Tokopedia Care dan mengikuti berbagai program edukasi lainnya.

Peresmian Tokopedia Care diapresiasi oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sultan pun berharap hadirnya Tokopedia Care Yogyakarta bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk talenta terbaik di DIY, termasuk perempuan dan difabel. “Harapan kami semoga Tokopedia Care sukses sehingga dapat membangun jaringan bagi kemajuan dan pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta serta menjadikan UMKM naik kelas," harapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)