Mengenal WFH dan Pantau Kinerja Karyawan dengan GreatDay HR

Banyak perusahaan besar maupun kecil di seluruh dunia yang telah memulai skema kerja dari rumah untuk karyawan mereka. Hal ini penting dilakukan untuk memperlambat penyebaran Covid-19 dengan mewajibkan masyarakat untuk melakukan social distancing.

Work from Home (WFH) menjadi salah satu skema yang dianjurkan. Hal ini mungkin merupakan sesuatu yang baru dan di luar dari kebiasaan perusahaan sebelumnya, terutama bagaimana perusahaan dapat menerima hasil yang maksimal.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan Work from Home untuk memastikan karyawan yang bekerja dari rumah tetap produktif.

"GreatDay HR sebagai pionir mobile HR application menanggapi kebutuhan darurat perusahaan yang harus mengubah pola kerja karyawannya ke skema WFH. Mulai dari pengaturan kehadiran, jadwal kerja, hingga pengajuan klaim dan reimbursement, semuanya bisa dilakukan langsung melalui aplikasi ponsel GreatDay HR," jelas Gordon Enns, Founder & CEO GreatDay HR.

Menurut Enns, komunikasi merupakan kunci utama dalam melakukan kerja jarak jauh. Bagaimana komunikasi antara atasan dan bawahan bisa dilakukan dengan mudah dan jelas. Ketika salah satu pihak tidak dapat dijangkau hal ini menjadi tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, perusahaan memerlukan suatu media yang jelas untuk menjamin komunikasi antar karyawan tetap dapat dilakukan secara teratur. GreatDay HR memiliki fitur percakapan atau chatting internal yang terdapat di aplikasi. Fitur obrolan ini sangat berguna untuk memaksimalkan komunikasi antar karyawan tanpa tatap muka.

Selain mempermudah jalur komunikasi, antar karyawan juga bisa berbagi dokumen dengan format yang beragam. GreatDay HR berdedikasi memaksimalkan keterkaitan karyawan, salah satunya dengan media sosial internal milik setiap karyawan pengguna. Tampilan lini masa atau timeline GreatDay HR juga dibuat secara kronologis, semua pengguna dapat dengan mudah melihat siapa saja yang sudah melakukan absensi, update atau kabar terbaru yang bisa diunggah oleh masing-masing karyawan. Tentu saja dalam masa social distancing ini, fitur sosial media internal GreatDay akan sangat membantu untuk tetap membangun komunikasi dan mengetahui kabar terbaru yang dibagikan perusahaan khusus untuk para karyawan mereka.

Salah satu kekhawatiran memulai sistem kerja dari rumah adalah, sulitnya memastikan karyawan benar-benar bekerja dan mengatur sistem absensi. Tidak sedikit perusahaan yang masih mengandalkan sistem manual fingerprint untuk merekam kehadiran, berujung mengharuskan karyawannya untuk tetap masuk kerja karena tidak punya pilihan lain untuk mengatasi hal ini.

Dengan teknologi GreatDay HR, semua pengguna aplikasi dapat merekam data kehadiran mereka dengan mudah melalui aplikasi seluler. GreatDay HR dilengkapi teknologi pemindai wajah dan penanda lokasi, kedua hal ini sangat penting untuk memastikan keaslian data karyawan yang bisa langsung diintegrasikan dengan sistem penggajian.

Tidak berakhir di pencatatan kehadiran, setiap karyawan juga bisa langsung mengkoreksi data kehadiran mereka langsung dari aplikasi GreatDay HR, hal ini termasuk dengan pengajuan cuti dan lembur.

Bekerja dari rumah tentunya akan terasa lebih santai dan dinamis sehingga akan cenderung sulit untuk memonitor apa yang sedang dilakukan karyawan. Memastikan lagi apa yang perlu dikerjakan dan diselesaikan oleh karyawan dalam jangka waktu tertentu menjadi adalah satu cara untuk mengukur produktivitas karyawan. Masing-masing karyawan dapat menetapkan target mereka masing - masing dan membagikannya melalui media yang disiapkan perusahaan.

Media sosial internal dari GreatDay HR juga menyediakan ruang untuk para atasan memberi tugas kepada karyawan, para karyawan yang mendapatkan tugas otomatis akan menerima notifikasi di ponsel mereka masing-masing. Manajemen juga dapat dengan mudah melacak kinerja karyawannya dengan fitur rekam aktivitas. Fitur rekam aktivitas bisa dilakukan oleh karyawan yang didelegasikan tugas, dan seterusnya bisa diberikan umpan balik oleh penyelenggara tugas.

Untuk membuat suasana kerja yang nyaman di tengah banyaknya isu negatif mengenai penyebaran virus Corona menjadi tantangan tersendiri. Saling berbagi bagaimana kondisi kerja masing-masing bisa membuat karyawan tetap fokus untuk menyelesaikan pekerjaannya. Mengetahui kegiatan rekan tim yang sedang berjauhan menjadi salah satu alternatif dalam berkomunikasi, GreatDay HR paham betul urgensi untuk mengandalkan teknologi dalam memaksimalkan skema WFH.

Media sosial yang dibangun oleh "GreatDay HR bisa menjadi pilihan perusahaan untuk bisa tetap menghidupkan semangat kerja secara virtual, semua karyawan bisa dengan mudah mengunggah kabar terbaru, pencapaian, dan update lainnya untuk mendapatkan likes dari sesama karyawan pengguna GreatDay HR, " jelasnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)