Menkominfo Dorong Produsen Sediakan STB dengan Harga Terjangkau

Menkominfo Jhony G. Plate meminta produsen menyediakan STB TV Digital untuk masyarakat dengan harga terjangkau. Kemenkominfo)

Penghentian siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) sudah berlangsung di 265 wilayah dari 514 wilayah. Guna mempermudah masyarakat menikmati siaran digital, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong ekosistem industri menyediakan set-top box (STB) dengan harga terjangkau.

Menurut Menkominfo, pemerintah terus melanjutkan migrasi siaran televisi analog ke digital untuk 249 wilayah lain. Sehingga nantinya seluruh wilayah di Indonesia akan full migrasi ke TV dengan sistem digital. 

“Kita sudah melakukan analog switch off di banyak wilayah dan banyak masukan dari masyarakat. Salah satu input yang kita monitor dan menjadi perhatian pemerintah adalah distribusi dan ketersediaan STB serta harga yang terjangkau,” kata Jhony saat rapat bersama perwakilan kementerian, Lembaga Penyiaran Publik TVRI, penyelenggara multipleksing dan industri di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat (10/01/2023).

Menkominfo mendorong ekosistem industri untuk memperhatikan distribusi STB dan ketersediaan perangkat untuk mendukung akses masyarakat ke siaran televisi digital. Ia juga meminta agar stok barang dengan harga terjangkau selalu tersedia. 

“Kita minta ini dikoordinasikan bersama-sama dengan asosiasi untuk diperhatikan. Juga perlu ditindaklanjuti agar bagaimana dengan perusahaan-perusahaan memproduksinya sehingga tersedia supply side yang cukup,” katanya. 

Menkominfo menjelaskan dari sisi supply side berdampak pada harga STB di masyarakat. Oleh karena itu, perlu langkah strategis agar dapat menghadirkan harga STB yang terjangkau bagi masyarakat. 

“Karena ada kelompok masyarakat yang membeli sendiri dan memasang sendiri, kita sangat concern dengan ini. Ada juga kelompok masyarakat yang harus mendapat STB gratis tetapi tidak atau belum didistribusikan dan diinstalasi,” ucap Johnny.

Migrasi dari sistem TV Analog ke sistem TV Digital telah dilakukan pemerintah sejak tahun 2022 lalu. Migrasi ini mengharuskan masyarakat yang memiliki TV model lama (tabung) untuk membeli STB agar tetap bisa menikmati siaran televisi.

Jika dilihat di marketplace daring, harga STB berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu. Adanya perbedaaan harga ini diakibatkan karena fitur-fitur yang ditawarkan masing-masing produk berbeda-beda.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)