Menparekraf Dorong Institusi Pendidikan Cetak SDM yang Berintegritas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong institusi pendidikan agar mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berintegritas.

Sandiaga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan agar pendidikan dan pelatihan vokasi harus selaras dengan kebutuhan industri sehingga dapat mencetak SDM yang berintegritas.

"Oleh karena itu, apa yang kita lakukan di industri Hildiktipari, termasuk di 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) bukan hanya re-skill dan up-skill, tapi juga bagaimana kita bisa menetapkan apa profesi yang dibutuhkan, dan kapan dibutuhkannya, di mana saja wilayahnya, seberapa banyak dan oleh siapa," katanya.

Sandiaga juga menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo mengharapkan agar pelatihan vokasi dapat menaungi outcome dari pendidikan yang sekarang masih kurang tingkat adaptasinya. "Bagaimana nanti melengkapinya juga politeknik ini dengan BLK (Balai Latihan Kerja), program pra-kerja dan bagaimana skill yang dibutuhkan ini matching dengan pasar kerja," ujarnya. Lebih lanjut, ia juga menginginkan keterlibatan industri serta eksplorasi untuk meningkatkan kualitas bukan hanya dari peserta didik, tapi juga dengan guru hingga para dosen.

Sementara itu, Ketua Hildiktipari Suhendroyono menyampaikan, "Ke depan saya yakin Pak Menteri bersama dengan staf kementerian bergabung dengan kegiatan-kegiatan Hildiktipari yang selanjutnya. Kami masih punya kegiatan Hildiktipari ke depannya seperti pelatihan dosen dan sebagainya."

Suhendroyono menyampaikan bahwa Hildiktipari telah merancang kerja sama dengan institusi pendidikan pariwisata di luar negeri dengan tujuan untuk mencetak pendidik hingga peserta didik yang berkualitas. "Kami juga sudah merancang kerja sama dengan beberapa institusi luar negeri dari Amerika Serikat, Spanyol, dan juga dari negara-negara pariwisata yang terkenal termasuk Rusia. Dan ternyata Rusia menjadi tourism country yang luar biasa," ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)