Menteri Rini Optimistis BUMN Bertahan Hingga 100 Tahun di Tangan Milenial

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno optimistis BUMN-BUMN dapat bertahan hingga lebih dari 100 tahun apabila memaksimalkan keterlibatan generasi milenial guna menjaga laju regenerasi.

"BUMN harus benar-benar mempersiapkan generasi milenial untuk menjadi pemimpin-pemimpin BUMN di masa depan karena saya ingin BUMN dapat bertahan hingga 100 tahun ke depan," ujarnya di sela-sela seremoni penutupan gelaran IBD Expo 2018.

Menurutnnya, keterlibatan generasi milenial tidak hanya untuk mewujudkan kerangka regenerasi dan kesinambungan perusahaan di masa depan, akan tetapi juga untuk meningkatkan daya saing perusahaan baik di dalam maupun luar negeri. "Keadaan cepat sekali berubah, khususnya teknologi. Disitulah peran generasi milenial lahirkan inovasi guna membantu perusahaan beradaptasi dengan perkembangan zaman," kata Rini.

Lebih lanjut, ia menyampaikan apresiasi kepada jajaran direksi BUMN saat ini yang telah bekerja keras untuk mentransformasikan perusahaan-perusahaan yang dipimpinnya agar lebih baik dan memberikan kontribusi signifikan bagi bangsa dan masyarakat. "Mereka (direksi BUMN saat ini) bisa jadi mentor untuk adik-adik generasi milenial," tambahnya.

Di pertengahan acara, Menteri Rini pun turut mengungkapkan duka mendalam atas meninggalnya Pemandu Lalu Lintas Udara PT AirNav Indonesia Anthonius Gunawan yang mengorbankan dirinya demi menyelamatkan ratusan nyawa penumpang maskapai Batik Air di Bandara Mutiara Al Jufri Palu, Sulawesi Tengah saat gempa hebat melanda kota tersebut pada tanggal 28 September 2018. "Anthonius adalah pahlawan BUMN karena benar-benar memprioritaskan layanan, bahkan keselamatan masyarakat dibandingkan keselamatannya sendiri," ujarnya.

Berbeda dengan seri-seri sebelumnya, IBD Expo 2018 menggaungkan pentingnya keterlibatan generasi kelahiran tahun 1990-an hingga 2000-an ini. Hal ini terlihat dari sejumlah rangkaian acara dimana generasi milenial menjadi 'bintang', diantaranya adalah acara Milenial Talkshow oleh 12 BUMN, site visit mahasiswa dan siswa ke beberapa fasilitas BUMN, dan Cangkrukan Bincang Bersama Milenial yang langsung dihadiri oleh Rini M Soemarno.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)