Marketing Trends

Menu Restoran Blibli Bantu Pengusaha F&B

Keterbatasan operasional gerai fisik akibat adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan protokol kesehatan, membuat pelaku usaha di sektor food & beverage (F&B) beralih ke ranah online dalam memasarkan produknya.

Melihat tren ini, BlibliMart sebagai kategori groceries Blibli melakukan ekspansi dengan menghadirkan kurasi baru untuk hidangan makanan dan minuman siap saji, yaitu Menu Restoran. Fitur ini menawarkan berbagai produk ready-to-eat, drink, cook, and heat dari UMKM hingga pelaku usaha berskala besar,

“Diawali dengan menghadirkan kopi literan pada April 2020, BlibliMart memperluas kurasi hidangan siap saji yang disugguhkan oleh pengusaha F&B,” ujar Fransisca Krisantia Nugraha, Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Blibli.

Menurutnya, kurasi Menu Restoran dijalankan untuk mendukung sektor F&B dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka di tengah pandemi. Dengan menciptakan kurasi khusus, visibility dari brand serta produk hidangan siap saji dinilai menjadi sangat kuat, dan hal ini bermanfaat baik bagi seller dan pelanggan.

Fransisca menambahkan, kehadiran seller F&B di e-commerce memungkinkan mereka untuk mengekspansi saluran penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan menambah lini produk walau di tengah pandemi dan new normal. “Selain itu, seller juga dapat memanfaatkan ekosistem Blibli, mulai dari sistem pembayaran, logistik, hingga keamanan, untuk memperlancar bisnis online mereka,” ungkapnya.

Dari segi pelanggan, kata dia, mereka dapat dengan mudah menemukan dan membeli menu siap saji favorit, termasuk es kopi dan bakmi, yang semuanya tersedia di Menu Restoran. Pelanggan juga bisa memanfaatkan ongkos kirim gratis dan layanan pengiriman cepat, khususnya same day dan instant delivery.

Menu Restoran saat ini menaungi 9 sub-kategori F&B yang terdiri dari Minuman Segar, Cemilan Enak, Makanan Sehat, Dessert, Asupan Kalori, Saus & Bumbu, Dim Sum, Hidangan Keluarga, dan Bakmi. Adapun hindangan lokal dan western yang paling populer berdasarkan jumlah order adalah bakmi, bakso, dan spaghetti untuk makanan, beserta kopi susu, earl grey tea, dan chocolate drink untuk minuman.

“Antusiasme pelanggan pun sangat baik yang ditunjukkan oleh performa positif Menu Restoran di mana jumlah order meningkat sebesar 6 kali lipat antara April-Juni 2020,” tutur Fransisca.

Lebih lanjut Fransisca mengungkapkan, pihaknya melakukan kurasi yang ketat untuk memastikan bahwa seller F&B yang tergabung di Menu Restoran dapat menyediakan produk dan layanan berkualitas bagi para pelanggan. Selain itu, Blibli juga memastikan bahwa para seller merupakan pelaku usaha F&B yang merupakan brand principal, distributor resmi, dan peritel yang sudah berpengalaman dalam melayani pelanggan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

“Inisiatif ini juga merupakan bentuk kesiapan BlibliMart untuk terus mengakomodasi kebutuhan para seller F&B dan pelanggan dalam menghadapi situasi pandemi dan era new normal,” katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved