Menyusul Bali, Menpar Sandiaga Cetuskan Work From Borobudur

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dok. Kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Uno mencetuskan program work from Borobudur yang membuka peluang para pekerja untuk bekerja dari kompleks wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah. Program ini merupakan rangkaian dari bekerja dari destinasi alias work from destination.

“Terkait work from Borobudur, saat ini saya tengah mencoba melakukannya. Industri pada dasarnya telah mempersiapkan kegiatan bekerja dari destinasi sebagai bentuk adaptasi sekaligus peluang di tengah pandemi,” ujar Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Selasa, 22 Juni 2021.

Konsep bekerja dari lokasi pariwisata, kata Sandiaga, telah digaungkan sejak awal 2021. Ia mengklaim program ini disambut baik oleh pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk membangkitkan sektor perekonomian yang lesu akibat wabah.

Pelaksanaan program bekerja dari destinasi wisata ini, kata Sandiaga, tetap memperhatikan risiko penularan Covid-19. Sandiaga memastikan para pelaku usaha, baik pemilik hotel, restoran, maupun operator penerbangan menerapkan standar protokol tertentu. Pelaku usaha juga telah mengantongi sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dan dijalankan secara ketat dan disiplin,” ujar Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga mempercepat vaksinasi di lokasi-lokasi wisata untuk memaksimalkan program penanganan virus corona sekaligus pemulihan ekonomi nasional. Dengan pemerataan vaksinasi, masyarakat di kawasan wisata, seperti Candi Borobudur, lebih siap menyambut tamu.

Meski demikian, Sandiaga memastikan pemerintah setempat tetap membatasi  jam operasional serta pembatasan kuota tamu di kompleks wisata. Sebelum dilaksanakan di Borobudur, program work from destination digelar di Bali. Tujuh lembaga dan kementerian di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi berencana mengirimkan sejumlah PNS-nya untuk bekerja di Pulau Dewata untuk membantu pemulihan pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)