Merek Waralaba dan BO Pilihan Tahun 2019

36 merek yang terpilih memiliki track record bisnis yang baik, mulai dari segi konsep bisnis, produk, pemasarannya, eksistensi merek hingga komitmen pemiliknya.

Asosiasi Franchise Indonesia bersama Majalah Franchise Indonesia kembali memberikan penghargaan Top Franchise dan Top Business Opportunity (BO) Awards 2019 kepada merek-merek waralaba dan Business Opportunity terpilih sepanjang 2019 yang berhasil menjadi merek pilihan calon investor dan konsumen berdasarkan survei terkini.

Ada sekitar 36 merek peraih Top Franchise dan Top BO 2019. Merek yang terpilih karena memiliki track record bisnis yang baik, mulai dari segi konsep bisnis, produk, pemasarannya, eksistensi merek hingga komitmen pemiliknya.

Di antara pemenang Top BO 2019 ada merek Sang Pisang dan Ternakopi. Kedua merek tersebut merupakan besutan anak Presiden RI, Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Kaesang berhasil mengembangkan jaringan bisnis Sang Pisang ke berbagai darah Indonesia hingga ke Malaysia.

Penghargaan Top Franchise 2019 diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Dinamic Marketing Research & Services dan Majalah Franchise, dengan mengukur top of mind brand awareness dari merek franchise.

Lisa Noviani, Head of Research Division Dinamic Marketing Research & Services, mengatakan “Melalui metode ini dapat diketahui tingkat kekuatan dan popularitas merek franchise (waralaba) yang ada di benak para investor dan calon investor yang ada di enam kota utama di Indonesia, yaitu DKI Jakarta dan Bodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar,” ujarnya di Jakarta, (23/11/2019).

Survei ini dilaksanakan selama tiga bulan, yakni Juli hingga September. Metode kontak yang digunakan adalah phone survey terhadap para investor atau calon investor bisnis waralaba, yaitu orang-orang yang pernah mengunjungi pameran waralaba, dalam dua tahun terakhir.

Jumlah responden yang dilibatkan pada kegiatan penelitian ini adalah 600 orang. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah simple random sampling, dengan nilai sampling error sebesar 2,6%.

Merek-merek peraih Top Franchise 2019 ialah Primagama, Ayam Bakar Wong Solo, Depo Air Minum Biru, Indomaret, Martha Tilaar Salon Day Spa, J NE, Apotek K-24, Ray White, Oto Bento, Campina dan Bakmi Naga Resto.

Menurut Rofian Akbar, Pemimpin Majalah Franchise Indonesia, parameter yang digunakan mengukur Top Franchise adalah survei brand awareness, yaitu survei yang dilakukan kepada calon investor dan masyarakat untuk mengetahui tingkat kepopuleran sebuah merek waralaba.

Selain itu, adapun juga penghargaan Top BO 2019 diberikan sebagai bukti bahwa merek-merek yang meraih predikat ini layak untuk dipilih karena punya komitmen dan nilai plus untuk mensukseskan mitranya.

Merek-merek BO yang dinobatkan sebagai Top adalah merek-merek yang telah memiliki track record yang baik. Merek BO yang memiliki track record baik adalah BO yang masih eksis di berbagai media, punya konsep dan strategi pemasaran yang baik, dan pemilik (franchisor) memiliki komitmen kuat dalam deliver promises bisnisnya kepada para mitra (franchisee).

Para peraih Top BO 2019 adalah Simhae, Carfix, Easy Pizza, Sang Pisang, Kumala Laundry, Ternakopi, Mrs Crispy, Mie Setan N jerit, Mobeng, Mangojak, Enak! Beneer, Ayam Geprek Master, Go Flow, Ayam Keprabon, Ayam Bebek Angsa, Orchi Chicken, Grand Sehat, Warung Wakaka, Tokkebi Snack, King Shield, Tambak Udang Vaname, Roemah Rempah Spa, The Capsule Inn, Shi-da dan Madeena Skin Clinic.

Rofian menambahkan, Top BO 2019 kali ini merupakan yang kedua kali diselenggarakan. Survei kali melibatkan kurang lebih 1000 merek BO. Para peraih penghargaan ini memiliki keunggulan bisnis baik dari konsep bisnisnya, maupun produk yang ditawarkan.

“Rata-rata yang menjalankan juga kebanyakan anak-anak muda. Ini patut kita apresiasi agar bertumbuh lebih besar lagi, lebih percaya diri, dan bisa mengembangkan kreativitas baik dari segi kemasan produk, kemasan bisnis maupun pemasaran dan lain sebagainya,” imbuh Rofian.

Rofian berharap, mereka mampu menjaga komitmen dan kompetensinya, sehingga bisa menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan mitra bisnis dan konsumennya. Serta, konsisten membangun merek lewat cara branding di sosial media, digital, media cetak dan pameran.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)