Merek Waralaba dan BO Pilihan Tahun 2019

36 merek yang terpilih memiliki track record bisnis yang baik, mulai dari segi konsep bisnis, produk, pemasarannya, eksistensi merek hingga komitmen pemiliknya.

Asosiasi Franchise Indonesia bersama Majalah Franchise Indonesia kembali memberikan penghargaan Top Franchise dan Top Business Opportunity (BO) Awards 2019 kepada merek-merek waralaba dan Business Opportunity terpilih sepanjang 2019 yang berhasil menjadi merek pilihan calon investor dan konsumen berdasarkan survei terkini.

Ada sekitar 36 merek peraih Top Franchise dan Top BO 2019. Merek yang terpilih karena memiliki track record bisnis yang baik, mulai dari segi konsep bisnis, produk, pemasarannya, eksistensi merek hingga komitmen pemiliknya.

Di antara pemenang Top BO 2019 ada merek Sang Pisang dan Ternakopi. Kedua merek tersebut merupakan besutan anak Presiden RI, Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Kaesang berhasil mengembangkan jaringan bisnis Sang Pisang ke berbagai darah Indonesia hingga ke Malaysia.

Penghargaan Top Franchise 2019 diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Dinamic Marketing Research & Services dan Majalah Franchise, dengan mengukur top of mind brand awareness dari merek franchise.

Lisa Noviani, Head of Research Division Dinamic Marketing Research & Services, mengatakan “Melalui metode ini dapat diketahui tingkat kekuatan dan popularitas merek franchise (waralaba) yang ada di benak para investor dan calon investor yang ada di enam kota utama di Indonesia, yaitu DKI Jakarta dan Bodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar,” ujarnya di Jakarta, (23/11/2019).

Survei ini dilaksanakan selama tiga bulan, yakni Juli hingga September. Metode kontak yang digunakan adalah phone survey terhadap para investor atau calon investor bisnis waralaba, yaitu orang-orang yang pernah mengunjungi pameran waralaba, dalam dua tahun terakhir.

Jumlah responden yang dilibatkan pada kegiatan penelitian ini adalah 600 orang. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah simple random sampling, dengan nilai sampling error sebesar 2,6%.

Merek-merek peraih Top Franchise 2019 ialah Primagama, Ayam Bakar Wong Solo, Depo Air Minum Biru, Indomaret, Martha Tilaar Salon Day Spa, J NE, Apotek K-24, Ray White, Oto Bento, Campina dan Bakmi Naga Resto.

Menurut Rofian Akbar, Pemimpin Majalah Franchise Indonesia, parameter yang digunakan mengukur Top Franchise adalah survei brand awareness, yaitu survei yang dilakukan kepada calon investor dan masyarakat untuk mengetahui tingkat kepopuleran sebuah merek waralaba.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)