Mereka yang Berjaya di Industri TIK 2020

Selular Awards diadakan secara virtual

Dalam beberapa tahun terakhir industri telekomunikasi tengah mengalami perlambatan. Pada tahun 2018 bahkan sempat negatif pertumbuhannya sebesar minus 7,3 persen. Baru pasa tahun 2019, tanda-tanda perbaikan pun mulai ditunjukkan oleh industri ini. Tahun ini tantangan dihadapi lagi akibat pandemi Covid-19.

Pandemi ini membuat perekonomian dunia melesu karena telah memukul sendi-sendi perekonomian global akibat pembatasan social yang harus dilakukan dalam menghadapi pandemi ini.

Namun disisi lain, Teknologi Informasi dan Komunikasi, (TIK) memiliki peranan penting yang menjadi andalan dalam menekan pernyebaran virus ini. Banyak industri pun akhirnya sangat bergantung pada layanan yang dihadirkan oleh sector TIK untuk bisa bertahan menyelamatkan bisnisnya dan meraih pertumbuhan dalam kondisi pandemi.

Untuk mengapresiasi para pelaku di industri TIK atas kiprahnya memajukan industri dengan produk dan layanan yang dihadirkannya, terutama saat pandemi covid-19 melanda, Selular Media Network menggelar 17th Selular Awards 2020.

Uday Rayana, CEO Selular Media Network menyampaikan, Selular award pertama kali diselenggarakan tahun 2003 sebagai ajang apresiasi kepada para pelaku industri telekomunikasi karena industri ini bersifat strategis, dengan kompetisi yang sangat ketat dan pemainnya yang cukup banyak.

“Dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat memberi kesempatan kepada para pelaku untuk berkompetisi dengan baik sehingga industrinya bisa bertumbuh sehat dan maju yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” tuturnya (19/08/2020).

Uday menambahkan pandemi covid memaksa para pelaku bisnis untuk beradaptasi menyesuaikan kondisi yang terjadi, demikian juga penyelenggaraan Selular Awards 2020. “Sesuai anjuran pemerintah untuk menghindari kerumunan, maka penyelenggaraan Selular Awards kali ini dilakukan secara virtual melalui kanal Youtube Selular TV,” jelasnya.

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, pemenang SA 2020 mencakup berbagai katagori. Mulai dari penyelenggara jaringan (network provider), penyedia jasa (service provider), vendor handset, vendor teknologi jaringan, dan katagori penghargaan khusus yang diberikan karena kinerja atau jasa diberikan kepada industri telekomunikasi nasional.

Dalam menentukan pemenang,  Selular Media Network (SMN) melakukan penilaian menggunakan panel tim redaksi serta melakukan survei online. Kandidat di setiap kategori akan diberi skor berdasarkan inovasi, kinerja keuangan, teknologi, kepemimpinan pasar dan juga tata kelola perusahaan.

Untuk memperkuat eksistensi sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada dunia industri dan tokoh-tokoh yang berjasa di bidangnya, Selular Media Network menggelar ajang bergengsi yang digelar setiap tahun, yakni Selular Award

Gelaran ini sudah berlangsung sejak 2003 dan terus berlangsung hingga kini tanpa pernah terputus. Sejak 2016 selular Award menjadi bagian yang tak terpisahkan dari ajang Selular Congress. Pemenang penghargaan The 17th Selular Award 2020 dibagi menjadi beberapa kategori.

Ada 38 pemenang penghargaan. Beberapa penerima penghargaan tersebut antaranya Dirut XL Axiata Dian Siswarini meraih CEO of The Year, Best Digital Services Telkomsel Cloudx; Best Social Media Tiktok; Best AI Camera Smartphone Oppo Reno3; Best Gaming Smartphone (Harga Rp1 Jutaan) Advan G5; Smartphone of The Year Oppo Find X2 Pro; Best Affordable True Wireless Stereo Realme Buds Q; Best Smartwatch Fitbit Versa 2; Best Bundling Program Smartfren Redmi 8A Pro; Best Youth Brand Tri Indonesia; Best Education Platform Kelas Pintar; Best 5G Innovation Technology Ericsson; Most Favorite Game PUBG Mobile; Best Digital Program (Covid-19) Halodoc; Best Social Contribution Telkomsel. Lebih lengkap para pemenang ada di website Selular.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)