Misi Dagang Kemendag Dilanjutkan ke Sejumlah Negara Baru

Mentor Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita.

Sejumlah pencapaian yang diraih Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada 2017 seiring dengan mandat Presiden Joko Widodo, yaitu menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, meningkatkan ekspor & menjaga neraca perdagangan, serta membangun & merevitalisasi pasar rakyat.

Inflasi yang terjadi di tahun 2017 diusahakan untuk dikendalikan di tahun selanjutnya. Kemendag berusaha untuk tetap mengendalikan inflasi sehingga pertumbuhan ekonomi tidak sia-sia. Menurut Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, target kinerja sektor perdagangan 2018 (makro) adalah inflasi akan berkisar 2,5-4,5% year on year. Data ini berdasarkan Perpres No. 79/2017 tentang RKP tahun 2018. Menurutnya, tahun 2018 yang merupakan tahun politik akan mendorong belanja dan biasanya inflasi akan naik jika belanja naik.

“Tahun ini Kemendag juga menjalankan mandat untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, serta mengutamakan penyerapan produksi dalam negeri,” ungkapnya. Tahun 2017 lalu, Kemendag berhasil menjalankan misi dagang ke beerapa pasar non-tradisional dan mencatatkan transaksi yang signifikan. “Di Jepang, kami mencapai transaksi dagang sampai US$3,34 miliar. Lalu, Mesir nilai transaksinya mencapai US$175 juta, Cile US$ 735 ribu, serta Afrika Selatan dan Nigeria dengan transaksi US$21,5 juta,” ujarnya merinci.

Untuk tahun 2018, misi dagang ke pasar non-tradisional akan dilanjutkan dengan titik yang baru, antara lain India, Maroko, Vietnam, Kamboja, Khazakhstan, Taiwan, Aljazair, dan Arab Saudi (Jeddah). Komoditas ekspor yang akan menjadi rising star adalah kopi dan sawit. “Di tahun 2018 juga terdapat 12 agenda perjanjian kerja sama dagang yang akan direalisasikan. Agenda itu di antaranya dengan Turki, Peru, Nigeria, Mozambik, ASEAN, Kanada, dan pembentukan working group Eurasia,” ungkapnya. Kemendag juga menargetkan pertumbuhan ekspor non-migas di tahun 2018 sebesar 5-7% dari total nilai ekspor tahun 2017.

 

Reportase: Arie Liliyah

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)