Mix Anugerahi Indonesia PR of The Year 2018 Pilihan Jurnalis

Majalah Mix secara rutin mengadakan penghargaan Indonesia PR of The Year, dan tahun ini memasuki yang ke-12. Terdapat dua bagian program, yaitu penghargaan PR Person of The Year dan PR Program of The Year.

Pemilihan program PR (public relation) terbaik dilakukan melalui sistem submission (pendaftaran entries) program oleh agensi atau perusahaan pemilik program dan lewat penjaringan program melalui riset Redaksi Mix. Sementara itu, pemilihan PR person terbaik dilakukan melalui polling kepada wartawan. Polling dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap penjaringan nama untuk mendapatkan short list PR Person pilihan para jurnalis, dan tahap kedua finalisasi melalui polling dengan short list PR Person dalam pertanyaan tertutup.

Kemal Effendi Gani, Pemimpin Redaksi Grup SWA, menjelaskan, “Peran public relation di Indonesia sangat strategis dan  penting. Artinya, PR dapat membangun hubungan timbal balik yang positif antara perusahaan dan masyarakat dan semua stakeholder lainnya. Program ini secara garis besar intinya menampilkan program PR terbaik dan bermanfaat bagi kita semua. Ini akan kami tampilkan sebagai best practices dan pembelajaran bagi kita semua, sehingga dari waktu ke waktu dapat memperbaiki program PR kita.”

Ia menambahkan, untuk bagian Indonesia PR of The Year 2018, ada 5 kategori. Pertama, mencari program PR kreatif yang tujuannya untuk membangun citra dan reputasi baik untuk perusahaan, maupun brand. Kedua, kategori marketing PR, yang ditunjukkan untuk keperluan marketing. Ketiga, social PR, yaitu program untuk membangun reputasi perusahaan, terutama melalui Corporate Social Responsibility. Keempat, media relation, yaitu program PR untuk menjaga dan membangun hubungan perusahaan dengan awak media. Kelima, owned media, yaitu program komunikasi perusahaan melalui media yang dimiliki oleh perusahaan, dalam hal ini adalah in-house magazine.

Sementara itu, Indonesia PR Person of The Year 2018 terbagi menjadi 5 kategori, di antaranya Spoke Person, Head of Corcomm, PR Officer, Agency PR, dan Corporate Secretary/Corporate Communication Team. Kategori Spoke Person diberikan kepada level direktur dan vice president. Tidak ada level CEO yang dipilih jurnalis dalam polling Spoke Person of the Year 2018 ini. Khusus untuk pemilihan Corporate Communication Team, penyelenggara membuat kategori berdasarkan pengelompokan industri di Bursa Efek Indonesia.

Penjurian terhadap lebih dari 100 program PR yang masuk sebagai peserta kontes ini dilakukan oleh dewan juri yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi komunikasi, serta dari media. Mereka adalah Bambang Sumaryanto, praktisi dan dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia dan LSPR; Emilia Bassar, praktisi dan dosen Ilmu Komunikasi di IPB dan Universitas Mercu Buana; Adita Irawati, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi; dan A. Edhy Aruman, Editor Senior SWA Media Group, dan dosen Komunikasi di LSPR. Untuk fairness, juri yang memiliki conflict of interest dengan entries tidak diperkenankan untuk memberikan penilaian.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)