Mobil-mobil Baru 2017

Kendati tahun 2016 belum berakhir, sejumlah ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) maupun APM (Agen Pemegang Merek) bersiap-siap meluncurkan mobil baru untuk tahun depan. Honda, Suzuki, Ferrari, Mercedez Bens, Mitsubishi, telah berancang-ancang masuk ke pasar dengan sejumlah model dan inovasi-nya.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) misalnya, tahun depan bakal meluncurkan sejumlah model yang sudah diperkenalkan saat pemaran otomotif beberapa waktu lalu. Empat mobil baru yang bakal diluncurkan tersebut adalah Ignis, Baleno, Jimny dan kemungkinan Ertiga Hibrida. Khusus untuk yang terakhir ini adalah mobildengan mesin hibrida terbaru  dengan harga terjangkau yang dikembangkan oleh Suzuki Motor Co, dinamakan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Suzuki Ignis Suzuki Ignis

Rencananya mobil dengan mesin SHVS tersebut akan diluncurkan pada semester I tahun 2017 mendatang. Suzuki Ignis, kabarnya bakal menggantikan model Splash, yang telah di discontinued.  Namun pihak SIS masih merahasiakan kapan mobil-mobil  tersebut diluncurkan.

ATPM lain yang tengah berancang-ancang meluncurkan mobil baru adalah PT Honda Prospect Motor (HPM). ATPM Honda ini bakal meluncurkan  Honda CRV  dan Civic Hatchback terbaru pada 2017 mendatang. SUV (Sport Utility Vehicle)  CRV yang baru diluncurkan setelah hampir dua tahun sejak kemunculan CRV model terakhir yang kini beredar di pasaran. Sedangkan Honda Civic baru, adalah sedan hatchback yang didesain lebih kompak dan tentunya harganya akan lebih murah dibanding sedan.

Hingga Oktober lalu,  Honda CR-V hanya terjual sebanyak 6.993 unit, sedangkan kompetitornya Toyota Fortuner terjual 23.617 unit, dan Pajero Sport (15.506 unit). ”Rencananya CRV terbaru akan kami luncurkan tahun depan. Tapi belum final kapan tanggalnya,” kata Jonfis Fandi, Direktur Marketing & After Sales HPM kepada wartawan di pabrik baru nya di Krawang, Jabar, kemarin. Menurutnya, untuk meluncurkan sebuah mobil perlu bebebrapa persiapan, antara lain, kesiapan dari Honda Motor Co, kesiapan produknya sendiri, kesiapan layanan purna jual, pelatihan kepada mekanik yang sampai sekarang tengah disiapkan.  “Kami ingin semua unit siap dari hulu hingga hilir saat CR-V diluncurkan,” ujar Jonfis

Honda CR-V terbaru ini  ini telah diperkenalkan di Amerika Serikat pada Maret 2016 lalu.. Produk ini juga merupakan model CR-V pertama yang menggunakan mesin turbocharged.

Sementara itu, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga kemungkinan  akan meluncurkan mobil barunya di segmen low MPV pada 2017 mendatang. Mobil yang dipamerkan pada ajang GIIAS bebebrapa waktu lalu masih dalam konsep,  XM Concept. Mobil ini didesain oleh desainer Mitsubishi Jerman spesial untuk Indonesia.

XM Concept merupakan model kendaraan keluarga yang akan bermain pada segmen entry level MPV.  Small MPV Mitsubishi XM Concept rencananya akan dibanderol dengan harga antara Rp190 – Rp230 jutaan.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)