Mobile App Vessel Information System Dorong Bisnis Digital

PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Patrakom)  meluncurkan Mobile App Vessel Information System guna mendukung perkembangan bisnis di era digital.

Direktur Utama Patrakom​​​​​, Bogi Witjaksono, mengatakan,  langkah ini sejalan dengan amanat Presiden Jokowi bahwa Indonesia bertekad untuk menjadi poros maritim dunia, maka Patrakom yang sejak 2013 di bawah sayap PT Telkom Indonesia  memantapkan diri sebagai perusahaan yang melayani berbagai segmen bisnis dengan fokus pada industri maritim dan energi.

"Sejak  tahun 2016 Patrakom mulai kiprahnya dalam sektor maritim. Salah satunya dengan menjadi mitra Pelni dan Pertamina Shipping dalam hal menyediakan ICT Sistem Komunikasi Kapal Laut yaitu dalam bentuk penyediaan layanan internet di kapal Pelni dan Pertamina," kata Bogi.

Sejak berdiri pada 1995 perusahaan sadar bahwa layanan telekomunikasi telah menjadi tulang punggung keberhasilan bisnis Pelanggan oleh karena itu Patrakom terus berinovasi dalam hal layanan dan teknologi untuk melayani pasar satelit maritim di Indonesia.

Kini dengan teknologi terbaru dan dukungan tenaga profesional, Patrakom dengan bangga menghadirkan produk aplikasi Vessel Information System (VIS), sebuah solusi aplikasi mobile berbasis Android dan IOS yang sangat tepat menjawab kebutuhan industri maritim Indonesia.

Aplikasi ini diluncurkan dan diresmikan oleh Patrakom dalam acara yang bertajuk Digitalization on Maritime Sector, Launching of Patrakom’s Mobile App “Vessel Information System” di Hotel Four Season Jakarta (13/12/2017). Direktur Bisnis Patrakom​​​​​, Endi Fitri Herlianto, mengatakan, terobosan ini didukung teknologi terkini yang andal dengan berbagai keunggulan yang membantu memaksimalkan potensi kapal sekaligus melakukan efisiensi biaya operasional pelanggan.

Berbagai fitur yang ditawarkan antara lain: dapat memonitor posisi kapal secara Real Time yang ditampilkan dalam peta secara presisi. Fitur pergerakan kapal, yang memungkinkan dapat memonitor pergerakan satu kapal secara real time dan lebih spesifik.

Juga,  dilengkapi database data tracking yang besar, memungkinkan untuk dapat melihat data tracking kapal sampai periode tahunan serta rangkuman perjalanan kapal selama 1 minggu terakhir dapat dilakukan dengan satu klik. Melalui aplikasi ini juga dapat memonitor konsumsi bahan bakar secara periodik serta performansi mesin kapal.

Selain peluncuran aplikasi mobile app ini, dalam acara tersebut juga dilangsungkan beberapa penandatanganan kerja sama pengembangan layanan komunikasi maritime antara  Telkom yang di dukung penuh oleh Patrakom dengan PT Pertamina Shipping, PT Pelni, PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (DKB),  TNI AL dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) serta PT Petro One Indonesia.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)