Mobius Pelopori Revolusi Perbankan di Era Baru

Silverlake Axis Ltd. (SAL), penyedia solusi core banking universal untuk 40% bank tier 1 dan 2 teratas di ASEAN memperkenalkan Mobius, platform perbankan terbuka berbasis cloud (cloud-native). Diluncurkan pada ajang Kongres Asian Financial Services (AFS) ke-16 pada Agustus 2020 lalu, sesi Mobius dan diskusi sesudahnya dihadiri oleh 550 lembaga keuangan serta lebih dari 2.000 eksekutif bisnis, teknologi, dan operasional dari 17 negara.

Mobius sebagai open banking platform strategis dari Silverlake memadukan kemampuan digital dan meraih penghargaan dalam menghadapi nasabah dengan kemampuan pemrosesan core banking. Perpaduan ini menciptakan platform aplikasi yang komprehensif yang sepenuhnya digital terpadu dan terbuka untuk perbankan komersial.

“Melalui Mobius, untuk pertama kalinya vendor core banking memadukan beragam kemampuan digital untuk menghadapi pelanggan guna menciptakan platform aplikasi komprehensif, terbuka, dan terpadu untuk perbankan komersial,” ujar Andrew Tan, Group Managing Director Silverlake Axis.

Dengan pencapaian Silverlake Axis melalui Mobius, para pelaku industri dapat membawa sistem core banking mereka ke dalam platform ini sehingga dapat mengintegrasikan seluruh operasional mereka dalam satu platform utama.

Industri perbankan, seperti industri lain, telah menghadapi, memahami, dan mempersiapkan diri untuk beroperasi di dunia yang sama-sakali berbeda. Dalam diskusi utama di kongres AFS - Choo Soo Ching, Managing Director Silverlake Digital Economy dan Cyrus Daruwala, Managing Director IDC Financial Insights, sependapat bahwa bank-bank di Asia akan menghadapi dunia baru ini dengan membuat dua rencana agresif untuk masuk ke pasar.

Pertama, membangun aliran pendapatan baru dengan menciptakan ekosistem yang terkonksi, memonetisasi data dan menjadikan perbankan (dan bekerja di bank) sebagai pengalaman yang sama sekali 'berbeda'. Kedua, mempercepat kemampuan digital mereka dengan menciptakan bank yang dinamis, lincah, dan terkoneksi, sehingga siap menghadapi berbagai guncangan sistemik yang bersifat global seperti saat ini.

Ketidakpastian dalam normal baru berdampak pada kecepatan dan tujuan pencapaian transformasi digital serta menguji kelengkapan dan fleksibilitas platform core banking digital baru. Peluncuran Mobius tepat waktu karena platform ini menyediaan fungsionalitas perbankan yang kaya dari Silverlake dalam teknologi-teknologi modern berbasis cloud dan Open Source. Juga, memungkinkan bank memadukan layanan pelanggan industri standar yang hasil kreasi Mobius dengan beragam layanan-yang dipersonalisasi, layanan ekosistem dan layanan disruptif inovatif yang dapat dikonfigurasi tanpa memerlukan coding lagi.

Seluruh layanan ini dibangun oleh Mobius yang mendukung pengembangan oleh Devops; seluruh pengembangan dilakukan berbasis container dan dioptimalkan untuk infrastruktur cloud yang dipilih bank, baik publik, private ataupun hybrid.

Sebuah studi riset ekstensif yang dipimpin oleh IDC terhadap lebih dari 100 bank di kawasan ini telah memberi gambaran tentang urgensi perubahan ini. Dalam pidatonya di Kongres AFS, Andrew Tan, Group Managing Director Silverlake Axis mengakui bahwa sekarang adalah waktu terbaik bagi bank untuk secara strategis mengevaluasi dan mengubah system core banking dengan sistem yang lebih lincah, terkoneksi, dan siap digunakan di masa depan.

“Banyak bank mengatakan kepada kami bahwa mereka tengah memikirkan kembali model bisnis mereka dan siap melakukan apa pun agar bisa relevan, karena sekarang perekonomian dan industri mulai dibuka kembali,” kata Andrew. Mitra yang benar-benar berpengalaman dengan platform yang teruji dan terbukti, integrasi pengetahuan menjadi sangat penting pada tahap transformasi ini.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)