MUFG Bank Kuasai 40 Persen Saham Bank Danamon 

MUFG Bank mengumumkan peningkatan investasinya di PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Akasi korporasi ini menjadikan MUFG Bank sebagai pemegang saham pengendali dengan 40% kepemilikan saham.

Upaya ini dilakukan dengan mengakuisisi saham tambahan sebanyak 20,1% milik Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. atau AFI. AFI dan entitas terafiliasi lainnya, sebagai bagian dari tahap 2 dari transaksi yang diajukan, yang mana telah diuraikan dalam pengumuman MUFG Bank pada 26 Desember 2017 lalu.

Saham tambahan sebesar 20,1% di Danamon diperoleh berdasarkan penilaian Danamon dengan harga Rp8.921 per saham (US$0,62) dan menyiratkan jumlah investasi sebesar Rp17,187 triliun (US$ 1,193 miliar). Harga tersebut didasarkan pada 2Q18P/B dari 2.0x dengan penyesuaian tertentu yang diterapkan. Setelah Tahap 2, AFI, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd.akkan tetap menjadi pemegang saham pengendali di Danamon dengan kepemlilikan saham sebesar 33,8%.

MUFG Bank Regional Executive for Asia, Takayoshi Futae, mengungkapkan, penyelesaian tahap 2 dari kerja sama strategis antara MUFG Bank dan Danamon merupakan tonggak penting dan menambah momentum dalam mengeksplorasi sinergi bersama. “Lebih penting lagi, penyelesaian tahap 2 ini memberi dorongan bahwa komitmen MUFG Bank untuk berkontribusi pada ekonomi Indonesia diterima dengan baik oleh para pemangku kepentingan dan regulator,” ungkapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)