MUI & Pegadaian Gencarkan Literasi Keuangan Syariah

Pegadaian berinisiatif segera melakukan konversi outlet konvensionalnya menjadi syariah. Konversi ini dilakukan di beberapa kota di Indonesia seiring program OJK dan MUI (Majelis Ulama Indonesia) untuk percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui produk syariah, tidak hanya umat muslim, tetapi juga seluruh kalangan masyarakat. Pengembangan produk keuangan syariah ini menjadi tren industri halal yang mampu menggerakkan roda ekonomi, meningkatkan pendapatan & kesempatan kerja, termasuk memberdayakan UMKM.

Menurut Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Sunarso, konversi beberapa outlet Pegadaian menjadi syariah untuk menjawab kebutuhan masyarakat, utamanya di Jawa Timur. Hal ini disampaikan oleh Sunarso dalam acara Halaqah Pengasuh Pesantren bersama Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren Se-Indonesia (MP3i) dengan tema "Urgensi Keuangan Syariah Untuk Pemberdayaan Ekonomi Ummat."

Menurut Ketua MUI, Ma’ruf Amin, pengembangan ekonomi syariah dapat mendorong percepatan pengembangan sektor keuangan syariah. Selama ini, pemerintah dan stakeholder lebih fokus mendorong pertumbuhan industri keuangan syariah, tetapi pemberdayaan ekonomi syariah sendiri belum banyak disentuh.”Untuk itu MUI terus bekerja sama dengan berbagai pihak agar masyarakat makin paham dengan keberadaan produk-produk syariah, yang bisa dijadikan sumber pembiayaan, menggantikan pembiayaan konvensional dan pemberdayaan ekonomi ummat,” ungkapnya.

Editor : Eva  Martaha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!