Marketing Trends

Muslim Fash Forward Diharap Dongkrak Transaksi Fesyen Muslim

Muslim Fash Forward Diharap Dongkrak Transaksi Fesyen Muslim
Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo dalam konferensi pers peluncuran Muslim Fash Forward (MFF) di Jakarta (ke-1 dari kiri) Foto: Anastasia AS/SWA

Meningkatnya antusiasme masyarakat terhadap fasyen muslim dan modest, membuat Tokopedia kembali menyelenggarakan Muslim Fash Forward hingga 9 September 2022 mendatang.

“Pada awalnya, kampanye ini hanya diadakan pada Ramadan saja, namun karena tingginya animo masyarakat terhadap fasyen muslim dan modest membuat kami menyelenggarakan lagi kampanye ini,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo dalam konferensi pers peluncuran Muslim Fash Forward (MFF) di Jakarta (01/09/2022).

Kategori fesyen merupakan salah satu kategori paling laris di Tokopedia. Adapun produk paling laris di subkategori Fesyen Muslim selama Semester I 2022 ini antara lain gamis wanita, blus muslim dan hijab segi empat. Sementara itu, Muaro Jambi menjadi daerah dengan kenaikan transaksi paling tinggi diikuti oleh Agam, dan Kotawaringin Barat.

Aldhy menambahkan kampanye ini selaras dengan visi Tokopedia untuk memeratakan ekonomi ke seluruh Indonesia secara digital. “Kampanye ini mengajak pegiat usaha lokal untuk berkolaborasi dengan Tokopedia dan memberikan kemudahan bagi para pelanggan,” ujarnya.

Masih dalam acara yang sama, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti mengatakan fasyen muslim dan modest Indonesia berpotensi untuk memimpin fasyen muslim dunia. Hal tersebut tidak terlepas dari potensi penduduk Indonesia yang berjumlah 238 juta yang 20 juta-nya menggunakan jilbab. “Produk dari Indonesia masih menjadi rujukan meskipun ada negara lain seperti Turki, tetapi Indonesia masih menjadi pusat,” kata dia menambahkan.

Pemerintah, menurutnya, melihat fenomena ini sebagai peluang besar untuk dikembangkan sehingga perlu adanya pembinaan bagi brand lokal agar produk yang dihasilkan berusia panjang. Selain itu, dia juga mengingatkan brand lokal untuk mencatatkan hak kekayaan intelektualnya agar karyanya tercatat dan tidak dijiplak brand lain.

Dalam acara ini, brand lokal Gonegani, DOA, dan Deenay juga akan meluncurkan koleksi terbarunya secara eksklusif.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved