Mustika Ratu (MRAT) - Indofarma Siap Produksi Produk Kesehatan Berbahan Alami

Bingar Egidius Situmorang, Direktur Mustika Ratu (kiri)

Untuk memproduksi produk kesehatan dengan bahan bahan alami yang berkualitas, khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) menggandeng PT Indofarma Tbk (INAF) untuk bersinergi.

Kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak. Mustika Ratu diwakili Bingar Egidius Situmorang selaku direktur dan Arief Pramuhanto, Direktur Indofarma.

Bingar menjelaskan bahwa kebutuhan produk kesehatan masih bergantung dari produk impor. Padahal, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam penyediaan produk kesehatan yang berbahan alami asli Indonesia yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pada masyarakat serta berkontribusi kepada Indonesia.

"Selain itu dengan adanya kerja sama ini, Mustika Ratu bisa mendapatkan bahan baku yang lebih besar dan berkualitas. Volume produksi yang besar, biaya produksi lebih efisien. Indofarma juga bisa meriset herbal lainya untuk kebutuhan produk kosmetik Mustika Ratu. Ini akan menjadi kerja sama yang baik untuk kedua belah pihak, ” ujar Bingar.

Bingar menambahkan, saat ini pihaknya memiliki brand ambassado Puteri Indonesia 2020, yakni Ayu Maulida Putri. Adapun reputasi Mustika Ratu dimulai saat didirikan oleh cucu Raja Kasunanan Surakarta Paku Buwono X, Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, merupakan perusahaan produsen kosmetik dan jamu di Indonesia. Perusahaan yang dimulai dari garasi rumah itu menjadi perusahaan terbuka (go public) tahun 1995 dengan melakukan penawaran umum perdana dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 45 tahun serta inovasi yang terus dilakukan, Mustika Ratu dapat bersaing dan terus diminati oleh konsumen di dalam dan luar negeri. Keberhasilan ini tentu saja didukung oleh produk-produk yang telah terbukti secara empiris dan klinis bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Sedangkan Indofarma dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri dan pemasaran produk farmasi, extract natural medicine, dan diagnostic medical equipment. Indofarma juga memiliki fasilitas produksi herbal yang berkapasitas besar dan modern. Dengan kemampuan mengolah bahan alami dalam skala besar, Indofarma siap bekerjasama dengan mitra kerja melalui toll manufacturing.

Arief Pramuhanto menambahkan bahwa Indofarma memiliki fasilitas produksi yang cukup lengkap dan kualitas tinggi. Nantinya akan mengembangkan produk herbal dan menyediakan ekstrak, sehingga diharapkan dapat melengkapi channel distribusi Indofarma nantinya. Indofarma berharap kerja sama ini akan terus berlanjut nanti.

Adapun tujuan yang tertuang dari penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah untuk penjajakan rencana kerja sama untuk menyusun kajian kelayakan usaha berupa: kerja sama pemasaran dan distribusi existing product masing-masing pihak untuk omni channel. Lalu, kerja sama pengembangan portofolio produk Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka. Juga, kerja sama toll manufacturing, baik parsial maupun all package mulai dari registrasi, bahan baku, produksi, hingga pengemasan. Tak ketinggalan, kolaborasi mengembangkan portofolio produk baru dan existing product, joint operation, product ownership, rejuvenating desain dan produk. Pun, Indofarma menyediakan produk ekstrak untuk Mustika Ratu sesuai kebutuhan dengan kualitas terjamin.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)