Nasabah Makin Mudah Transaksi dengan QRIS

Era digital menciptakan gaya hidup yang serba cepat dan praktis. Tidak terkecuali dalam hal berbelanja. Banyak masyarakat kini telah menggunakan platform digital untuk berbelanja dengan alasan menghemat waktu dan lebih mudah. Merujuk pada laporan E-conomy SEA 2021 dari Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai gross merchandise value (GMV) Indonesia pada 2021 diperkirakan mencapai total US$70 miliar, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 49% dibandingkan dengan 2020.

Peningkatan yang tajam ini sejalan dengan pertumbuhan nilai total transaksi sektor e-commerce sebesar 52 persen. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam acara 3rd Indonesia Fintech Summit 2021 juga memaparkan bahwa terdapat 2.319 startup di Indonesia hingga akhir tahun 2021. Melihat perkembangan tersebut, Bank DBS Indonesia meluncurkan DBS Max Kris untuk membantu konsumen dalam melakukan transaksi. Produk baru tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan berbasis teknologi, Carinih.

“Dengan mendukung pengadopsian teknologi digital pada sektor UMKM, maka Bank DBS Indonesia turut menjadi bagian dari ekosistem digital serta mempercepat inklusi finansial di Tanah Air,” ungkap Angela Thenaria, SVP Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia.

DBS Max Qris merupakan sistem pembayaran digital dengan menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang memberikan pelayanan penyelesaian kredit secara real time dengan memindai untuk membayar (scan and pay). Sistem ini akan mengintegrasikan transaksi dari berbagai QRIS melalui QRIS-Encore report untuk memudahkan proses rekonsiliasi Carinih dan memudahkan kelancaran pembayaran ke mitra.

Ketika pelanggan ingin menggunakan metode pembayaran QRIS, pelanggan juga dapat memilih sumber pembayaran baik menggunakan bank atau e-wallet. Setelah itu, pelanggan akan menerima notifikasi transaksi secara real time melalui Instant Credit Notification.  "Bagi kami, aplikasi sama dengan solusi,” ujar Pendiri dan CEO PT DKI Tan Leny Yonathan. Dia berharap kehadiran Carinih dapat menjadi pilihan bagi pelaku UMKM di Indonesia.

Sebelumnya, Bank DBS memang berkomitmen untuk memaksimalkan teknologi digital dan user journey dalam layanannya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)