Nasehat Bagi Pendiri Startup Agar Mampu Bertahan Saat Pandemi

Semakin menjamurnya para pendiri startup membuat Co-founder dan Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca memutar otak untuk melakukan proteksi terhadap para founder startup portfolionya tersebut, mengingat mayoritas dari mereka belum pernah melalui krisis. Ia dan rekan-rekannya melakukan analisis performa bisnis dengan founder dan CEO startup. Tujuannya bukan menentukan langkah detail yang harus mereka ambil, tetapi untuk memahami dampak krisis terhadap tiap perusahaan. Berbekal pengetahuan tersebut, timnya bisa bekerja bersama para founder dan manajemen tiap perusahaan, kasus per kasus, untuk mencari strategi yang realistis.

“Kami menyarankan perusahaan di portofolio kami untuk menghemat kas, hanya mengubah bisnis inti mereka jika benar-benar dibutuhkan, mempertimbangkan dengan masak sebelum melakukan pivot, dan yang paling utama adalah tegas dalam mengambil keputusan. Lewat ini, kami ingin menunjukkan pentingnya wartime leadership,” lanjut Willson.

East Ventures percaya dengan keberadaan flywheel effect di Indonesia. Roda gila atau flywheel adalah bagian berbentuk roda di dalam mesin yang berfungsi untuk mengkonservasi energi. Konsep yang sama diterapkan oleh East Ventures dalam berinvestasi. 

Perusahaan ini bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk perusahaan lokal, family officesstartup tahap awal, dan startup pada tahap pertumbuhan yang lebih lanjut untuk membangun sebuah flywheel tanpa friksi. Kolaborasi ini melahirkan siklus lengkap di ekosistem startup mulai dari investasi pada tahap awal, menemukan product market fitvalue creation dan scaling, yang diakhiri dengan exit dan reinvestasi.

Willson menyebut, buah dari kolaborasi tersebut adalah ekonomi internet Indonesia yang tumbuh dengan pesat, berkembang dari industri berbasis e-commerce menjadi ekosistem lintas industri yang menyediakan beragam layanan untuk kebutuhan sehari-hari.

Saat ini, modal ventura masih merupakan kelas aset yang relatif baru bagi investor di Asia Tenggara. Sebagai salah satu pemain awal di industri ini, Sedangkan East Ventures memiliki rekam jejak yang kuat berkat keberhasilan meningkatkan valuasi portofolio dan keterlibatan perusahaan dalam beberapa kesepakatan merger dan akuisisi. Beberapa exit yang melibatkan East Ventures adalah akuisisi Kudo oleh Grab pada 2017, serta akuisisi Loket dan Moka POS oleh Gojek.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)