Natal dan Tahun Baru, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 21%

Suasana pemantauan performansi layanan Telkomsel oleh Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan pada malam pergantian tahun di wilayah POI (Point of Interest), Jakarta. (Foto: Dok. Telkomsel)

Trafik layanan data atau payload Telkomsel saat Natal dan Tahun Baru 2019 mencapai 17,2 petabyte. Angka ini meningkat 21,3% dibandingkan dengan rata-rata payload pada hari normal 2018. Sementara itu, apabila dibandingkan dengan periode Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan data tersebut melonjak 61,7%.

Kenaikan trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, dengan peningkatan 27,6% dibandingkan hari normal. Diikuti oleh Jawa Barat (26,8%) dan Sumatera Utara (24,0%).

GM External Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin meng,atakan, tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming di smartphone atau komputer tablet saat pergantian tahun baru.

“Pelanggan melakukan aktivitas momen ini melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan sehingga mengalami peningkatan pada periode ini,” ujarnya.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang menyaksikan film atau video secara streaming yang mencapai 33,4%. Untuk aktivitas di media sosial menyumbang kontribusi sebesar 32,5%, dan untuk komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 17,0% terhadap penggunaan layanan data.

Sementara itu, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara mengalami kenaikan sebesar 1,1% menjadi 1,3 miliar menit. Hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami kenaikan 13,1% menjadi 605,3 juta SMS.

Denny menambahkan, “Kami sudah memprediksi perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan, di mana layanan data masih mendominasi dibanding layanan suara dan SMS. Meskipun demikian, di pergantian tahun ini layanan SMS dan suara pun mengalami kenaikan dibanding hari biasa.”

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia. Optimalisasi jaringan telah dilakukan di 628 titik keramaian utama seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mal, dan pusat perbelanjaan dengan mengerahkan 88 unit compact mobile base station (Combat) atau Mobile BTS.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)