Negara Eropa dan Asia dalam Bidikan Pasar Kirimin

Kirimin.co.id tawarkan biasa jasa murah pengiriman barang dari Cina ke Indonesia

Era internet memudahkan akses produk dari luar negeri masuk ke Indonesia. Sayangnya meski harga produknya murah, mahal di biaya logistik. Kirimin.co.id menangkap peluang ini, dengan menawarkan solusi biaya pengiriman barang impor ke Indonesia hanya Rp 12.500.

"Ini satu-satunya platform yang menawarkan biaya yang murah, dengan Rp 12.5000 sudah bisa mengirimkan barang dari China sampai Indonesia," ungkap Founder Kirimin.co.id sekaligus sebagai CEO PT Kirana Exim Internasional, Marco Halim, melalui siaran pers di Jakarta, (10/12/2019).

Namun Kirimin.co.id hanya melayani pelanggan ritel atau pembeli individu. Oleh karena itu berat barang yang akan dikirim, paling rendah 100 gram tanpa batas maksimal. Tapi platform ini tidak melayani pengiriman untuk produk di atas US$ 1.500. Hal ini karena pungutan pajak yang dikenakan berbeda. Beberapa fiturnya antara lain fungsi Consolidate dan Unconsolidate.

Untuk pelaku bisnis dropship bisa memanfaatkan fungsi ini karena pengiriman barang dari gudang yang berasal dari negara luar bisa langsung ke konsumen. Kemudian, pengguna jasa Kirimin.co.id tanpa harus ribet menunggu barang sampai kemudian mengirimkannya lagi ke konsumen.

Selain itu, adanya fungsi kalkulator pelaku bisnis bisa mengetahui biaya pengiriman terlebih dahulu sebelum membeli atau melakukan pengiriman. Karena didalam fungsi kalkulator terdapat perhitungan yang sangat transparan dimulai dari perhitungan berat dan dimensi yang sesuai fisik.

Juga ada sistem transparansi perhitungan pajak bea masuk barang serta sampai dengan asuransi dan pengiriman last mile. Kendati masih mempelajari regulasi di sejumlah mancanegera, Marco menegaskan, ke depannya akan terus mengembangkan pangsa pasar ekspor.

Kendati Kirimin.co.id baru beroperasi sejak tiga bulan lalu, namun sudah ada 600 member bergabung dengan jumlah 1.300 transaksi atau order untuk pengiriman barang. Tahun 2020 dengan membuka pasar ekspor, ditargetkan mampu untuk mengakomodir kebutuhan logistik para pebisnis UMKM.

Sejauh ini, para pengguna atau member Kirimin.co.id mengaku puas dikarenakan dalam sistem terdapat live tracking yang bisa dimonitoring posisi barang sudah diterima pihak gudang sampai paket tersebut diterima consigne.

Kirimin.co.id juga menyasar para ekspatriat yang bekerja di Indonesia. Khususnya bagi mereka yang sedang membutuhkan jasa logistik untuk mengirimkan barang dari luar negeri ataupun sebaliknya. Hingga kini, telah bekerja sama dengan sejumlah negara lain seperti Australia, Amerika, China, Hong Kong, Korea Selatan dan Thailand.

Tahun depan, Kirimin.co.id juga bakal ekspansi ke pasar lain seperti Jepang, Filipina Taiwan, Singapura dan Malaysia. Dan merambah sampai negeri Eropa seperti Inggris dan Jerman.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)