Nespresso Ciptakan Rantai Pasok Kopi Berkelanjutan | SWA.co.id

Nespresso Ciptakan Rantai Pasok Kopi Berkelanjutan

Nespresso

Merek kopi dunia, Nespresso kembali mengenalkan kampanye 'Made With Care'. Kampanye yang digagas sejak 2021 ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk menciptakan dampak positif di produksi kopinya, termasuk pemilihan biji kopi terbaik dan disaat yang bersamaan meningkatkan kesejahteraan para petani serta melindungi lingkungan.

Dalam keterangannya, Sarah Angela, Senior Marketing Communication Manager Kanmo Group (Nespresso exclusive distributor in Indonesia) menyampaikan, kedua hal tersebut dicapai Nespresso melalui program AAA Sustainable Quality.

Melalui salah satu programnya, Reviving Origins, Nespresso mencari cara untuk membenahi produksi kopi di beberapa area dengan sejarah kopi yang kuat namun terdampak faktor eksternal yang mempengaruhi produksinya, seperti bencana alam atau konflik.

"Melalui kampanye ini, kali ini Nespresso meluncurkan empat kapsul kopi bagi para coffee lovers untuk menyesap aroma dan rasa yang langka dalam secangkir kopi. Seluruh kapsul kopi yang ada di rangkaian Reviving Origins ini dibuat dengan para ahli dan rekan Nespresso untuk menghidupkan kembali komunitas kopi dari asal daerahnya," jelas Sarah.

Rangkaian kapsul kopi tersebut di antaranya, pertama Amaha Awe Uganda yang menyediakan kenikmatan unik rasa sandalwood dengan aroma floral dan wild. Selama ratusan tahun, tanah subur dan ketinggian gunung Rwenzori di Uganda menjadikannya lahan kopi ; gletser dan puncak yang tertutup salju menyediakan sumber air yang stabil, ditambah dengan curah hujan yang melimpah sehingga memberikan kesuburan pada tanah.

Namun, bertahun-tahun ditelantarkan dan terisolasi membuatnya menjadi kopi yang hampir dilupakan. Menjadi bagian dari program Reviving Origins yang dimulai pada tahun 2018, Nespresso telah bekerja sama dengan lebih dari 2.000 petani kecil di Uganda untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi dari gunung ini melalui metode yang berkelanjutan. Kapsul kopi ini hanya tersedia dalam waktu terbatas.

Baca juga: Nespresso Mudahkan Membuat Kopi Ala Barista di Official Shop Shopee

Kedua, Tamuka mu Zimbabwe yang memberikan aroma buah dan bunga secara bersamaan. Dampak perubahan cuaca dan konflik hampir saja melenyapkan kopi Zimbabwe. Alhasil, Nespresso telah berhasil untuk bekerja secara dekat dengan komunitas kopi, membawa para ahli dan menerapkan praktik berkebun yang berkelanjutan, guna membangkitkan kembali komunitas kopi di Zimbabwe.

"Tahun ini, para coffee lovers dapat merayakan kembalinya kopi Arabica yang memiliki kejutan aroma buah dengan rasa asam yang segar dalam secangkir kopi. Kapsul kopi ini juga hanya tersedia dalam waktu yang terbatas," ujar Sarah.

Ketiga, rangkaian kopi Master Origin Colombia dengan Late Harvest coffee beans. Kapsul kopi ini sangat dekat dengan para pecinta kopi karena rasa asamnya yang segar, ditambah dengan kejutan aroma buah merah anggur yang dihasilkan dari proses panen yang lebih lama dari biasanya.

Para petani menunggu hingga buah ceri kopi melewati fase kematangannya agar gula buah dapat meresap lebih dalam ke biji kopi, sehingga memberikan rasa kesegaran berbeda. Teknik ini telah dikuasai oleh lebih dari 1.000 petani dengan dukungan dari AAA Program yang menyediakan pelatihan teknis, guna meningkatkan kualitas kopi dan pendapatan para petani.

Terakhir Cafecito de Cuba. Kapsul kopi ini memiliki intensitas yang kuat dengan aroma kayu dan daun tembakau, sehingga cocok diminum sebagai ristretto. Dipanggang secara dark dan memiliki teksur yang halus, kopi ini akan membuat Anda bersemangat dalam memulai hari.

"Nespresso memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kesejahteraan petani dan lingkungan dalam rantai pasok kopi; dari masa panen hingga menjadi secangkir kopi yang nikmat, hanya dengan satu sentuhan pada tombol," tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)