New McLaren 720S Siap Meluncur di Indonesia

McLaren Jakarta sebagai dealer resmi McLaren di Indonesia, memperkenalkan generasi kedua McLaren Super Series yakni McLaren 720S pada Rabu (26/7/2017) di Jakarta. Seri 720S digadang-gadang lebih lincah, ringan, dan dinamis dari pendahulunya yaitu seri 650S. Second-generation Super Series ini mencoba menembus batas kemampuan dari Super car, yaitu menggabungkan kemampuan dinamika terluas dari seluruh seri McLaren, memadukan visual drama, seni teknologi, dan kemurnian aerodinamik menjadi generasi yang baru dari McLaren.

Irmawan Poedjoadi, CEO McLaren Jakarta, mengatakan, peluncuran 720S diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan pasar McLaren di Indonesia. Sejak hadir di Indonesia tahun 2013,  permintaan terhadap McLaren termasuk yang pesat dibandingkan merek luxury supercar lainnya.

“Pasar McLaren di sini cukup menjanjikan ya. Apalagi mereka punya perencanaan bisnis Track 22, yakni perencanaan enam tahun ke depan sampai 2022 akan mengeluarkan 15 varian baru, di mana 720S ini adalah varian pertama yang dimunculkan. Ini bermakna McLaren Automotive secara signifikan berinvestasi dalam jangka panjang untuk menjadi world’s best driver’s cars,” ungkap Irmawan.

Lebih lanjut Irmawan menjelaskan, 720S akan tiba di Indonesia pada September hingga awal tahun mendatang. “Iya pada Q3 2017. Kami sih minta sebanyak-banyaknya,  tapi kembali lagi, McLaren selalu meminta one less demand, supaya tetap eksklusif. Percuma kalau memberikan banyak tapi tidak eksklusif lagi. Tapi saya mulai bangga karena animo masyarakat terhadap supercar seperti ini sudah mulai tumbuh lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Para customer mulai confidence lagi untuk membeli,” lanjutnya.

Melalui pendatang baru ini, McLaren mengunggulkan kemampuan teknologi tingkat tinggi. “Peran McLaren ada di teknologi. Teknologi McLaren di industri otomotif sudah terkenal sangat mumpuni. Bahkan semua CPU manajemen unit di formula 1 itu miliki McLaren. Awalnya, McLaren itu kan memang fokus di Formula 1 ya, mereka tidak ciptakan mobil. Menciptakan mobil setelah 2011, memproduksi mobil untuk road car. Karena itu, start dari teknologi mereka yang biasa di track itu diaplikasikan ke mobil, dengan kata lain teknologinya yang didahulukan dan jelas safety ya,” jelas Irmawan.

Irmawan menambahkan, dari segi pemasaran, McLaren Jakarta akan menggaet konsumen melalui komunitas karena mobil premium seperti ini tergolong hobi. Namun, pungkas Irmawan, peminat 720S ini juga ada dari kalangan muda usia 30 tahun ke bawah.

“Sport car ini pasti larinya ke komunitas, ini adalah sebuah hobi. Menggaetnya tentu melalui komunitas ya. Penggunanya juga banyak yang baru, perbandingannya malah 60:40 ya untuk yang baru. Kami punya tim yang bertugas berbaur dengan anak-anak muda. Jangan salah, ada yang usia 20-an juga. Kami memang sengaja memperlebar, tidak hanya dari dalam saja. Ini suatu peluang bagus buat kita, karena 720S ini fenomena yang baru ya, jadi bisa mengundang peminat yang baru,” tandasnya.

Sementara itu dari sisi harga, Irmawan masih belum bisa bicara banyak karena belum bisa memastikan. Ia mengatakan perbandingan antara harga di negara asal dan ketika masuk ke Indonesia juga mengacu pada pajak yang dikenakan. “Tax di Indonesia itu 268%, jadi dihitung saja kalau mau lihat perbedaannya dengan negara asalnya,” tutur Irmawan.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)