Nilai Transaksi Mataharimall di Bulan Puasa Naik 425%

Selama bulan suci Ramadhan 2016, Mataharimall.com meluncurkan promo Petasan (Pesta Sale Gila-Gilaan) yang memberikan diskon hingga 99% dan  gratis  99% voucher cashback untuk 9 orang pelanggan yang beruntung. Strategi Petasan ini ampuh untuk mendorong masyarakat melakukan belanja online atau e-commerce Mataharimall.com. Menariknya, hasil dari promo tersebut menunjukkan kunjungan ke Mataharimall justru banyak berasal dari daerah. Jakarta tidak termasuk ke dalam 10 kota terbesar baik berdasarkan nilai transaksi dan jumlah order.

mataharimall Hadi Wenas, CEO Mataharimall.com

Dari sisi nilai penjualan, terjadi kenaikan hingga 425%. Kota-kota yang termasuk ke dalam 10 besar dari sisi nilai transaksi adalah Batu (Jawa Timur), Tanjung Balai, Serang (Banten), Binjai, Bitung, Ternate, Banjar, Pekanbaru, Sorong, dan Padang Sidempuan. Sedangkan dari sisi jumlah order, naik 1.241%. Kota-kota yang termasuk ke dalam 10 besar dari sisi jumlah order adalah Magelang, Cimahi, Banjar, Palopo, Sorong, Tasikmalaya, Tomohon, Bitung, Blitar, dan Ambon.

“Hasil ini tentu membuktikan bahwa tren berbelanja online tidak hanya terjadi kota-kota besar seperti Jakarta saja, di kota-kota lain juga bisa menikmati serunya belanja online. Antusiasme pelanggan tentu saja sangat baik dibandingkan dengan kuartal 1 2016,” ujar Hadi Wenas, CEO Mataharimall.com. Mengenai nilai transaksi selama promo Petasan ini, Wenas enggan memberikan nilai transaksi secara jelas, “Total penjualan selama Juni saja ada di ratusan miliar,” ujarnya.

Beberapa kategori produk menjadi primadona bagi pelanggan Mataharimall dalam periode ini adalah kebutuhan rumah tangga (26,77%), handphone & tablet (16,22%), serta fesyen (11,58%). Fenomena Pokemon Go dimanfaatkan Mataharimall untuk melakukan engagement ke konsumennya. Salah satunya adalah menangkap Pokemon Monster di website Mataharimall. “Program ini sudah kami jalankan 3 kali. Jadi caranya kami menyisipkan Pokemon Monster di produk-produk yang ada keterkaitannya dengan elemen monster tersebut. Sebagai contoh monster elemen air ada di produk-produk yang berhubungan dengan air seperti baju renang. Secara offline pun kami mengadakan event bekerja sama dengan mall Lippo. Kemarin kami baru adakan di Lippo Kemang Village, nanti akan kami adakan di Lippo Puri,” jelasnya.

Selain mengadakan program promosi Petasan, di bulan suci Ramadhan Mataharimall juga menggelar program #aMMalFitri guna menggalang donasi untuk Rumah Singgah Anak Jalanan Yayasan Bina Anak Pertiwi Jakarta. Donasi yang telah terkumpul, digandakan oleh Mataharimall hingga mencapai Rp74.560.000. Dana ini telah diberikan kepada Yayasan Bina Anak Pertiwi untuk biaya operasional dan kebutuhan sehari-hari.

Dalam waktu dekat ini, Mataharimall akan memperkenalkan program Shop and Win, yaitu program Customer Loyalty Mataharimall. Seluruh customer akan diberikan 10 poin sebagai saldo awal, dan pelanggan akan mendapatkan satu poin setiap pembelian Rp10.000. Program yang akan dimulai 3 Agustus mendatangkan akan memberikan 800 hadiah setiap bulannya dan grand prize.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)