Nokia dan 3 Tingkatkan Kapasitas Jaringan 4G

Menara Base Transceiver Station (BTS) milik 3 & Nokia. (dok. Nokia)

Nokia telah menerapkan teknologi 3G-4G dynamic spectrum sharing (DSS) dalam jaringan operator seluler '3' untuk meningkatkan kapasitas 4G secara dinamis ketika pemakaian 3G cenderung menurun. 3 Indonesia telah berhasil dalam uji coba tersebut dengan cara upgrade software DSS perangkat Nokia di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk selanjutnya melakukan implementasi secara nasional.

Uji coba ini berhasil meningkatkan bandwidth 4G sebesar 1.8 MHz dan menghasilkan 18% spektrum tambahan bagi pelanggan 4G tanpa mempengaruhi layanan 3G.

Di Indonesia, ketika pemakaian jaringan 3G mulai berkurang, migrasi spektrum ke 4G secara mulus menjadi salah satu hal yang penting bagi setiap operator. Teknologi DSS memungkinkan 3 Indonesia dengan cepat mengalihfungsikan spektrum 3G secara dinamis untuk meningkatkan kapasitas 4G.

Penerapan DSS di lapangan akan menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan 4G dan 3G yang selalu berbeda di setiap lokasi dan setiap waktunya. Dengan mengandalkan cara kerja yang otomatis tanpa intervensi manual dari operator, 3 Indonesia akan mampu mengelola ketersediaan spektrum secara efisien untuk memenuhi kebutuhan pelanggan data.

Desmond Cheung, CTO, 3 Indonesia, mengatakan, untuk menambah jumlah pelanggan dengan spektrum yang terbatas menjadi salah satu tantangan utama 3. "Namun teknologi dynamic spectrum sharing Nokia memberikan kapasitas jaringan yang memudahkan kami dalam melakukan transisi dari 3G ke 4G secara mulus," ungkap Desmond.

Sementara Andrew Cope, Vice President of Mobile Networks, Nokia, Asia Pacific & Japan, pada kesempatan yang sama mengatakan, "Kami sudah lama bermitra dengan 3 Indonesia dan sangat senang bahwa 3 Indonesia dapat memelopori penggunaan DSS 3G-4G kami di Indonesia. Kesuksesan uji coba ini sebagai bentuk upaya kami dalam membantu operator mengoptimalkan jaringannya secara efisien."

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)