Ok Oce Beauty Tawarkan Peluang Usaha Kecantikan Saat Pandemi

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, tercatat total konsumsi masyarakat Indonesia pada 2019 di kosmetik mencapai US$6,03  miliar atau sebesar  Rp86 triliun. Hal Ini merupakan pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Sandiaga Uno, Pendiri Ok Oce  menjelaskan, ada dua sisi dalam hal ini, adanya peluang bisnis yang terbuka luas dan penciptaan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran di masa pandemi ini.

Untuk itu, “Ok Oce Beauty hadir dengan pola distribusi yang memungkinkan banyak pihak dapat berpartisipasi dalam penjualan produk dan mendapatkan tambahan pendapatan di tengah pandemi,” ujar pria yang akrab disapa Sandi ini.

Oko Oce Beauty merupakan program kerja sama antara Oke Oce Indonesia denga PT Bluepin Indonesia Perkasa. Ok Oce Beauty memperkenalkan produk "Brightening Facial Wash" yang diproduksi 100\% secara lokal dari ekstrak lidah buaya. Kandungan galactomyces dan kojic acid dalam produk ini berkhasiat memberikan kelembutan dan kecerahan bagi segala jenis kulit.

Sandi juga menambahkan, bahwa komunitas Ok Oce Beauty diharapkan menjadi sarana silaturahmi mulai dari remaja, emak-emak,sadar akan kesehatan kulit sekaligus berbisnis produk kecantikan.

Sementara itu, Fardi N. Annafi,  Pendiri dari PT Bluepin Indonesia Perkasa, menyampaikan bahwa konsumsi kosmetik dan produk perawatan kulit di Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan Negara-negara ASEAN lain. Fardi juga sempat membahas tingkat pengangguran dari BPS RI yang meningkat hingga 4,99\% atau sekitar 6,9 juta jiwa per-Februari 2020.

"Dengan adanya program Oke Oce Beauty kita memiliki dua potensi besar, yang pertama ada potensi pasar yang masih terbuka luas. Dan sebagai penggerak, kita memiliki potensi penciptaan lapangan pekerjaan untuk mengurangi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia,” ungkap dia.

Menjadi seorang wirausaha tentunya harus memiliki pola pikir dan tujuan yang bisa mandiri dan merdeka secara finansial. “Ada beberapa hal yang harus dimiliki seorang wirausahawan, yang pertama openess (keterbukaan), kemudian readiness (kesiapan), kreatifvtas, dan integritas. Dalam hal integritas, penting untuk menjaga kepercayaan dan silaturahim dengan orang lain yang terlibat dalam bisnis kita,” Indra Uno, Pendiri Ok Oce lainnya, menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Iim Rusyamsi sebagai Ketua Umum Ok Oce Indonesia menyampaikan beberapa hal penting mengenai modal utama dalam memulai bisnis. Selain harus menekuni bisnis yang sesuai dengan minat dan bisa mendatangkan penghasilan. Dia juga menyampaikan pentingnya memiliki jaringan usaha yang baik.

"Ketika mengelola bisnis, bisa bekerja sama dengan pihak-pihak lain itu juga penting. Salah satunya dengan memiliki mentor yang bisa mendampingi. Jika bergabung dengan komunitas Ok Oce, kehadiran mentor akan berperan sebagai pelatih dalam memulai bisnis," kata IIm. Produk Brightening Facial Wash ini pun sudah terdaftar secara resmi di HKI dan BPOM Indonesia.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)