Omzet Orami Tumbuh 2,5 Kali Lipat Selama Pandemi

Orami,  platform parenting yang dikenal lewat e-commerce produk ibu & bayi serta layanan konten dan komunitas parenting, bertumbuh pesat selama tahun 2020 dengan berbagai fitur dan inovasi di ulang tahunnya yang ke-8 ini. Omzet tumbuh 2,5 kali lipat, sedangkan jumlah user platform melonjak 50%.

Survei Orami menyatakan bahwa banyak tantangan baru yang dialami para ibu selama pandemi Covid-19. Beberapa di antaranya, fakta bahwa mayoritas working mom merasa kesulitan karena harus bekerja sambil mengurus anak. Ibu yang kantornya masih menerapkan bekerja dari rumah, kesulitan mengatur waktu antara mengurus anak dan bekerja. Sedangkan, Ibu yang sudah mulai masuk kantor, kesulitan menemukan cara untuk menitipkan anaknya, karena daycare dan sekolah yang masih tutup.

Sementara itu, stay at home moms mengaku kesulitan mendapatkan me-time. Beban pekerjaan domestik juga bertambah karena anggota keluarga banyak yang berada di rumah. Mompreneur, mengungkapkan jawaban yang bervariasi, namun mayoritas mengaku penjualannya menurun drastis, dan beberapa di antaranya harus melakukan berbagai adaptasi di bisnisnya.

Uniknya, pandemi ternyata jadi memunculkan tren akan peran ayah yang lebih setara di rumah. Para ayah, turut mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan saat pandemi dan seiring dengan makin banyaknya waktu di rumah, hubungan ayah dan anak juga semakin dekat. Mayoritas responden juga merasakan peran serta ayah di urusan domestik seperti misalnya membersihkan rumah, berkebun, dan memasak meningkat.

Tentu saja pandemi ini juga menimbulkan dampak pada anak-anak. Dampak positifnya di antaranya  anak-anak yang lebih tenang karena lebih banyak waktu dengan ayah dan ibunya, lebih jarang sakit, dan lebih terbiasa hidup higienis dan bersih. Namun, dampak negatifnya adalah screen time yang bertambah banyak, menurunnya social skill karena tidak bisa bermain dengan teman-temannya, dan adanya kesulitan menangkap materi sekolah online.

Berbagai tantangan baru ini tentu menyebabkan timbulnya permasalahan baru. Para orang tua mau tidak mau beralih ke media digital dan pemanfaatan teknologi menjadi solusi utama di masa-masa seperti ini untuk mempermudah kehidupan Ibu di segala aspek. Hal ini seiring juga dengan hasil survei Orami yang menunjukkan bahwa 70% Ibu menyatakan bahwa konsumsi internet mereka meningkat selama pandemi.

“Terdapat empat aspek utama yang harus diperhatikan di kehidupan sehari-hari para ibu. Keempat aspek tersebut adalah: Daily Necessities, Communication, Self-Development, dan Entertainment. Keempat aspek kehidupan ini mengalami adaptasi di masa pandemi ini, dan membutuhkan dukungan lebih agar tetap bisa berfungsi normal sehingga tidak mempengaruhi kondisi fisik dan mental ibu.” kata Prita Apresianti, Head of Content Orami.

Orami berusaha hadir di keempat aspek kehidupan itu dengan beragam layanan dan inovasi fitur di aplikasinya. “Sebagai tech-parenting company, kami hadir dengan berbagai fitur, mulai dari shopping, kelas dan seminar online, program leadership untuk ibu, sampai berbagai konten ringan namun tetap edukatif, kesemuanya tentu saja dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi Orami. Kami berharap, para ibu tetap bisa produktif dan berdaya bersama Orami,” lanjut Prita.

Di tahun 2021 ini juga, Orami mengukuhkan dirinya sebagai parenting super app dan juga aplikasi parenting pertama yang mengombinasikan Commerce, Content, dan Community di dalam satu platform.

Ferry Tenka, CEO Orami menambahkan,  tahun 2021, pihaknya  melakukan perubahan logo dan tampilan aplikasi untuk menandai perubahan positioning Orami sebagai parenting super-app. Di aplikasi Orami, user bisa memilih beragam fitur sesuai dengan kebutuhan mereka, tidak hanya belanja, tapi juga membaca artikel, bergabung di komunitas-komunitas, dan berbagai fitur pendukung lainnya.

Menurut Ferry, masa pandemi Covid-19 ini menjadi momen bagi Orami untuk terus melakukan inovasi pada layanan-layanannya. “Misi Orami adalah untuk menjadi support system terbaik untuk para orang tua di Indonesia. Orami telah bertumbuh menjadi all-in-one platform yang menyediakan solusi parenting dan harapan kami, bisa terus memberi dampak positif di seluruh lini aspek kehidupan parents di Indonesia.” lanjut Ferry lagi.

Tiga layanan utama yang ada di Orami, yakni: Commerce: Belanja Kebutuhan Ibu & Anak. Kedua, Community: Komunitas. Ketiga,  Kelas Parenting, Baca puluhan ribu artikel kredibel terkait parenting, rumah tangga, dan gaya hidup yang dibuat khusus untuk orang tua Indonesia dan telah diverifikasi oleh para ahli di bidangnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)