Oracle Bantu Organisasi Membangun SDM Lebih Lincah dan Terampil

Untuk membantu organisasi agar lebih memahami, mengelola, dan mengembangkan keterampilan tenaga kerja mereka,  Oracle Dynamic Skills, bagian dari Oracle Fusion Cloud Human Capital Management (HCM) diperkenalkan. Kegunaannya untuk memberikan wawasan yang dibutuhkan oleh sumber daya manusia (SDM) dan pemimpin bisnis untuk memastikan para tenaga kerjanya memiliki bakat yang tepat baik sekarang maupun di masa yang akan datang dengan cara memberikan pandangan komprehensif mengenai keterampilan dalam tenaga kerja mereka.

Didukung oleh kecerdasan buatan (AI), solusi Oracleini dapat memberikan pandangan terkini tentang keterampilan karyawan  kepada para pemimpin bisnis untuk membantu menarik, mengembangkan dan juga menumbuhkan bakat yang tepat.

“Menemukan keterampilan yang sesuai makin sulit dan perjuangan untuk mendapatkan bakat menjadi lebih kompetitif setiap hari,” kata Yvette Cameron, Senior Vice President of Global Product Strategy Oracle Cloud HCM. Bisnis membutuhkan wawasan yang lebih baik tentang keterampilan tenaga kerja mereka jika mereka ingin bersaing dalam iklim yang kompetitif saat ini. Dengan Oracle Cloud HCM, pelanggan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang keterampilan di seluruh tenaga kerja mereka, dimana bisnis harus memfokuskan upaya pengembangan dan peluang baru apa yang  sekiranya dapat diciptakan untuk karyawan dan organisasi.

Oracle Dynamic Skills menyimpan catatan data keterampilan yang selalu akurat dalam organisasi, termasuk jabatan, kemampuan karyawan, pengalaman dan keterampilan yang memadai. Tampilan lengkap dari data ini membantu para pemimpin SDM mendorong pengembangan karir, merencanakan dengan lebih efektif, membuat perekrutan yang lebih baik, serta mengembangkan tenaga kerja yang sangat terampil. Oracle Dynamic Skills ini meliputi di antaranya: pertama, Skills Nexus: Database sebagai  catatan yang terus diperbarui yang memberi organisasi pandangan komprehensif tentang keterampilan karyawan di seluruh angkatan kerja mereka.

Ini membantu SDM dan pemimpin bisnis lebih memahami keterampilan tenaga kerja karyawan, apakah adanya kesenjangan dan keterampilan mana yang perlu dikembangkan atau diperoleh. Skills Nexus mengambil data yang tersedia untuk umum tentang keterampilan, kualifikasi dan pekerjaan dari seluruh dunia, lalu menggabungkannya dengan informasi serupa dari dalam organisasi dan menggunakan AI untuk memudahkan organisasi menetapkan keterampilan ke peran. Ini memberi pelanggan akan data tentang keterampilan yang disesuaikan dengan bisnis mereka. Kedua,  Skills Advisor sebagai alat rekomendasi canggih yang menggunakan AI untuk merekomendasikan keterampilan apa yang harus dipelajari karyawan, keterampilan apa yang harus dipekerjakan oleh organisasi dalam peran tertentu dan kandidat mana yang memiliki keterampilan yang tepat untuk posisi terbuka. Ini membantu para pemimpin SDM mengembangkan tenaga kerja mereka dengan menemukan bakat yang tepat untuk mendukung kebutuhan bisnis mereka.

Ketiga, Skills Center. Ini adalah portal pribadi bagi karyawan untuk memperbarui keterampilan mereka, menemukan peran baru dan terlibat dalam sumber belajar. Portal ini dapat memudahkan karyawan untuk melacak kemajuan menuju tujuan karier dan mengambil tindakan untuk pengembangan profesional lebih lanjut, Skills Center membantu organisasi meningkatkan keterlibatan karyawan dan keterampilan tenaga kerja mereka.

Iman Muhammad, Head of Applications Oracle Indonesia mengatakan, manusia adalah tulang punggung organisasi. Agar organisasi dapat membuktikan diri mereka di masa depan terhadap ketidakpastian dan menjaga agar tenaga kerja mereka tetap relevan, ini memerlukan pemikiran ulang tentang strategi keterlibatan karyawan dan pendekatan berbasis keterampilan yang akan membantu bisnis dalam merekrut, serta membantu mereka dalam membangun karier tenaga kerja yang ada.

“Oracle Dynamic Skills adalah inovasi baru yang akan menempatkan keterampilan di jantung semua talenta dan akan memberdayakan CHRO dan profesional SDM untuk mendapatkan keunggulan dan akan memastikan bahwa bisnis mereka tetap tangguh. Penawaran baru ini akan mengembangkan banyak bisnis di Indonesia dan membantu mereka meraih dan mempertahankan catatan data keterampilan dan keahlian karywan yang akurat, yang terus diperbarui untuk memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti,” jelasnya.

“Banyak karyawan meluangkan waktu selama lockdown untuk mengevaluasi kembali pilihan karir mereka dan mempertimbangkan peluang baru untuk pertumbuhan diri. Ini memberi tekanan pada organisasi dan pemimpin SDM untuk melipatgandakan perekrutan dan retensi. Namun terlepas dari itu, dasar strategi perusahaan harus dipusatkan pada satu hal yaitu keterampilan,” kata Lisa Rowan, Research Vice President, HR Software & Services Research di IDC.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)