Ovo Raih Branch Mobile Growth Awards 2020

Platform pembayaran digital Ovo menjadi satu-satunya perusahaan digital Indonesia yang berhasil meraih penghargaan dalam acara Branch Mobile Growth Awards 2020 untuk kategori Transformasi Digital. Dalam acara yang digelar secara virtual oleh Branch tanggal 29 Januari 2021, Ovo bersaing dengan lebih dari 300 perusahaan global ternama lainnya, antara lain Goldman Sachs, Fave, NHL, ExxonMobil dan L’Oreal France.

Acara ini merupakan ajang penghargaan yang mengakui sekaligus mengapresiasi kepemimpinan ratusan perusahaan dunia terkemuka dalam berinovasi mendorong pertumbuhan teknologi mobile. Salah satu penilaian yang membuat Ovo masuk nominasi adalah upaya Ovo dalam membantu Pemerintah Indonesia untuk program kartu prakerja. Sebagai mitra resmi uang elektronik, Ovo dinilai turut andil membangun platform digital penyaluran bantuan secara online dari awal hingga akhir, mulai dari pendaftaran, pelatihan hingga penyaluran dana insentif kepada jutaan peserta.

“Bagi kami, terpilihnya Ovo sebagai finalis di kategori Transformasi Digital ini merupakan pencapaian bersama yang dimungkinkan oleh dukungan masyarakat sekaligus pengakuan bahwa startup Indonesia mampu bersaing di ranah internasional, terlebih di tengah masa-masa sulit pandemi Covid-19. Prestasi ini merupakan salah satu bentuk terus meningkatnya kepercayaan masyarakat serta mitra akan inovasi dan layanan kami. Tidak hanya itu, prestasi ini menunjukkan kesiapan kami membawa nama Indonesia ke ranah internasional,” ujar Head of Corporate Communications Ovo, Harumi Supit.

Sejak awal pandemi, Ovo bersama Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja dan tekfin digital lain membangun platform Kartu Prakerja. Dengan memanfaatkan teknologi digital, program pemerintah yang menyalurkan Rp20 triliun dana pembayar pajak ini diklaim berhasil berlangsung secara tepat sasaran dan efisien, disertai berbagai upaya sosialisasi yang berskala besar. Dalam Program Kartu Prakerja, lebih dari 33% dari 5,6 juta penerima manfaat memilih Ovo sebagai platform untuk menerima insentif.

Sementara itu, data Kementerian Koordinator bidang Perekonomian November 2020 menyatakan bahwa dari 12% penerima manfaat program Kartu Prakerja yang belum memiliki rekening bank maupun e-wallet sebelum program, setelah bergabung dengan program ini mayoritas lebih memilih membuka rekening e-wallet (76%) dibandingkan dengan membuka rekening bank (24%).

"Artinya, Ovo sebagai mitra pembayaran program Kartu Prakerja telah membantu mengakselerasi inklusi keuangan dan juga adopsi digital masyarakat di tengah pandemi," tutur Harumi. Ovo juga menerima permintaan verifikasi KTP tertinggi, sebanyak 2,6 juta permintaan pada September 2020, dimana verifikasi KTP secara online menjadi syarat utama penerima insentif Prakerja. “Prakerja terbukti mampu mengakselerasi inklusi keuangan dan mempercepat adopsi layanan dompet digital,” lanjutnya.

Dengan mendukung program inisiatif pemerintah, Ovo tidak hanya mendapatkan peningkatan kinerja bisnis tetapi juga sebagai bentuk dukungan pada program Bangga Buatan Indonesia. "Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah pengguna baru, jumlah TPV, dan berdasarkan internal survei di 2020, Ovo menjadi digital platform nomor 1 pilihan masyarakat Indonesia,” kata dia.

Mobile Growth Award 2020 merupakan ajang penghargaan yang mengakui kampanye mobile marketing terbaik secara global sekaligus selebrasi bagi para pencetus ide di belakangnya. Director of Marketing Branch, Jesika Dalal mengatakan, “Para juri dalam ajang ini sangat terkesan dengan visi dan eksekusi Ovo dalam mendorong kampanye berskala besar untuk membantu melayani kebutuhan masyarakat yang kurang terlayani dan tidak memiliki akses rekening bank di Indonesia,” tutur Jesika.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)