Ovo Siap Luncurkan 1.000 Smart Vending Mechine Tahun 2021

Ovo, platform pembayaran digital, bersiap melakukan ekspansi Ovo Smartcube ke kota-kota besar di Indoensia. Ovo Smartcube merupakan smart vending mechine yang dilengkapi dengan analisis data.

Melalui analisis data, platform ini diharapkan dapat dijadikan salah satu channel untuk brand dalam menguatkan interaksi dengan pelanggan. Vira Shanty, Chief Data Officer Ovo mengatakan mesin ini merupakan inovasi yang dilakukan Ovo dari sisi digital. Dimana inovasi in harus dikominasikan antara digital dan data. “Kami melakukan riset ini sekitar 2 tahun. Kami ingin membuat mesin yang disruptif, tapi masih bisa tetap berinteraksi dengan pelanggan dan partner,” kata dia.

Mesin ini merupakan vending mechine pertama di Indonesia dengan kemampuan analisis data. Ada 30 mesin yang saat ini tersedia sebagai pilot project yakni di mall milik Lippo Group, universitas Pelita Harapan, dan Rumah Sakit. "Sebelumnya, kami telah sukses dalam peluncuran tahap pertama pada bulan Juli lalu. Saat ini memang kami masih mendistribusikannya di daerah Jakarta,” kata dia. Sistem real time dan analisis data yang dipasang dalam mesin dapat merekam tingkah laku dan demografi pelanggan seperti usia, jenis kelamin, lokasi, spending power, dan device yang digunakan.

Sementara itu, kemampuan data analitik dapat digunakan untuk mengevaluasi preferensi konsumen.adapun informasi yang ditelurkan berupa waktu yang digunakan untuk berbelanja, dan informasi tentang produk yang paling sering dibeli oleh pelanggan. "Informasi tersebut nantinya dapat diakses oleh brand mitra dalam bentuk insight dan dapat digunakan untuk memberikan penawaran kepada konsumen. Sehingga tepat sasaran," kata dia menambahkan.

Adapun fitur yang dalam mesin ini meliputi contoh produk, penjualan, survei, pemasangan iklan, layanan isi ulang, program deals/voucher, dan video iklan. Saat ini, menurutnya marketer tengah melakukan pendekatan pemasaran yang berpusat pada konsumen atau personalisasi. Sehingga metode analisis data relevan untuk diaplikasikan.

Sampai kahir tahun ini, Ovo berencana akan mendistribusikan 100 vending mechine di wilayah Jakarta dan luar Jakarta. Sedangkan pada tahun 2021, platform menargetkan 1.000 mesin di kota-kota besar di Indonesia seperti Medan dan Surabaya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)