P2P Lending Taralite Resmi Dapatkan Lisensi OJK

Taralite, peer to peer lending yang berada di bawah payung Grup Ovo resmi mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui platformnya, Taralite akan berfokus pada sistem pembayaran dan layanan keuangan termasuk di dalamnya pinjaman konsumen dan bisnis, khususnya dari sektor UMKM.

Layanan ini diklaim akan mengembangkan potensi dan usaha bisnis mereka. Direktur Utama Taralite, Sharly Rungkat, mengatakan bahwa pihaknya menghargai dukungan yang diberikan oleh OJK untuk menjalankan layanan pinjaman bagi sektor UMKM.

“Dengan dukungan dari Ovo sebagai salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia, memungkinkan kami menjangkau pasar yang selama ini tidak terlayani, termasuk mereka yang unbanked dan underbanked,” kata dia. Sementara itu, Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur Ovo, menambahkan, kolaborasi ini ditujukan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Hal ini juga didorong oleh pesatnya pertumbuhan adopsi keuangan digital.

“Platform ini untuk menjawab tantangan yang dihadapi para pegiat UMKM dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi, kolaborasi ini akan menjadi solusi yang diyakini mampu mendukung kebutuhan usaha mereka dari sisi modal usaha,” kata dia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia telah mencapai 60%, serta menyerap 97,22% tenaga kerja secara nasional.

Namun, kurang dari 15% UMKM memiliki akses terhadap produk pembiayaan. Untuk memperluas inklusi keuangan, Sharly mengatakan selama ini regulasi OJK sangat terbuka dan mendukung tumbuhnya keuangan digital. “Kami berharap dapat mengatasi kesenjangan penetrasi pembiayaan dengan menyediakan akses ke layanan pinjaman yang aman dan kompetitif,” ujarnya.

Pada awal tahun 2020 lalu, Taralite telah memperkenalkan layanan  DanaTara sebagai pengelolaan arus kas dan solusi tambahan modal usaha bagi pelaku UMKM Indonesia. Sebagai informasi, Taralite memberikan pelaku UMKM akses pembiayaan online sampai Rp500 juta, dengan status pengajuan yang diproses dalam 1-3 hari kerja dan tenor sampai dengan 12 bulan. Saat ini, layanan Taralite telah tersedia bagi para pelaku UMKM yang tergabung dalam platform e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dan BukaLapak.

Pinjaman yang disalurkan Taralite mengalami pertumbuhan sebesar 50% dari awal tahun 2020, dan sejauh ini dan telah ada 500.000 pegiat UMKM telah tergabung dalam ekosistem Ovo. Tidak hanya itu, pada pertengahan 2019, keduanya juga telah meluncurkan fitur PayLate untuk mendorong tren pertumbuhan penjualan ritel di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)