P2P Ringan Melayani Lebih 200 Ribu Pelanggan dan Total Pinjaman Rp10 Miliar

Aplikasi pinjaman P2P Ringan memperkenalkan teknologi pinjaman digital yang dikembangkan oleh OneConnect Financial Technology Co.,Ltd (One Connect), penyedia platform layanan technology-as-a-service, bagian dari Ping An Group, untuk memberikan pengalaman dan pelayanan pinjaman tunai yang aman dan mudah bagi masyarakat Indonesia.

OneConnect menyediakan  solusi digital untuk otomatisasi dan simplifikasi proses di dalam aplikasi Ringan, mulai dari proses awal, pengaturan pengajuan pinjaman, hingga penagihan pembayaran, penilaian risiko dan laporan akhir. Kemudahan proses ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para nasabah. One Connect juga menyediakan teknologi eKYC untuk verifikasi identitas dan fasilitas mengunggah berkas persyaratan pengajuan pinjaman seperti KTP secara jarak jauh. Nasabah dapat mengajukan pinjaman tunai hingga Rp20 juta dalam beberapa klik melalui ponsel mereka, dan menerima pencairan dana lebih cepat dengan sistem kerja serba online dan anti-ribet

Aplikasi Ringan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) pencegah penipuan milik OneConnect untuk melangsungkan proses KYC (Know-Your-Customer) secara elektronik. Teknologi ini digunakan di seluruh pusat data lokal untuk memastikan pengalaman terbaik dan standar keamanan tertinggi bagi pelanggan.

Teknologi ini diklaim mampu memaksimalkan produktivitas, mempercepat penilaian dan meminimalisir potensi dan risiko penipuan. Ringan sudah melayani lebih dari 200 ribu orang pelanggan dan mencairkan total pinjaman tunai lebih dari Rp10 miliar per hari ini. Proses verifikasi pengajuan pinjaman yang tadinya membutuhkan 8.000 jam kerja, kini berjalan dengan lebih cepat . Lebih dari 100.000 aplikan berhasil melakukan scan KTP dan menyelesaikan proses aplikasi peminjaman lewat Ringan. Proses aplikasi secara elektronik juga mengurangi kemungkinan kesalahan, meminimalisir penipuan identitas dan meningkatkan produktivitas kerja

CEO dan Presiden Direktur Presiden Direktur Ringan Yudhono Rawis mengatakan, OneConnect adalah partner untuk institusi finansial yang membutuhkan teknologi terkini untuk membuat proses pinjaman semakin mudah, dengan tetap melindungi perusahaan kami dari kerugian dan potensi penipuan. “Di waktu yang sama, kami dapat menyediakan layanan terbaik dan lancar bagi para pelanggan,” ujar Yudhono.

CEO dan Presiden Direktur PT OneConnect Financial Technology Indonesia, Yao Jing menambahkan, pihaknya antusias menyaksikan berbagai kemungkinan teknologi untuk mendemokratisasi dunia pinjaman di Indonesia dan juga Asia. Dengan ini, Ringan dapat menilai dan melayani lebih banyak masyarakat Indonesia dengan lebih efisien. Kolaborasi ini dipercaya akan mendorong digitalisasi dunia perbankan tradisional dan memberikan inklusi finansial yang lebih baik untuk Indonesia.

Di Indonesia, OneConnect juga bekerja sama dengan perusahaan raksasa Sinarmas untuk membangun sistem pinjaman retail. OneConnect memberdayakan banyak bank besar di Asia dalam proses digitalisasi perbankan dan sistem peminjaman mereka.

Sinergi dengan Bank RHB di Malaysia berhasil mengembangkan platform omnichannel untuk digitalisasi sistem pinjaman bagi UMKM secara menyeluruh. Omnichannel ini menggunakan solusi Smart Lending dan Smart Interview dari OneConnect untuk otomatisasi seluruh proses, dari pendaftaran, peminjaman, pengawasan, pencairan, penagihan serta pengecekan anti-penipuan. Dengan menggunakan teknologi AI dan eKYC, UMKM cukup menyertakan 2 jenis dokumen, MyKad dan buku tabungan, lewat ponsel mereka, untuk mengajukan pinjaman, dan para direktur berbagai perusahaan dapat memberikan persetujuan melalui aplikasi. OneConnect juga bekerjasama dengan 5 bank terbesar di Malaysia dalam mengembangkan aplikasi perbankan retail di ponsel untuk memberikan pengalaman digital yang sesungguhnya, saat para nasabah dapat membuka rekening bank secara aman, kapan pun dan di mana pun.

Di Filipina, OneConnect bersama dengan UBX, perusahaan teknologi finansial dari Union Bank of the Philippines, mengembangkan SeekCap, platform pinjaman cerdas. Kolaborasi ini diperkuat dengan bergabungnya Lazada Seller Loan dengan fitur untuk melakukan penilaian merchant secara menyeluruh, misalnya berapa tingkat penjualan toko tertentu, yang juga ada di SeekCap, sehingga mereka bisa mengajukan pinjaman yang lebih besar

OneConnect juga membantu salah satu perusahaan pinjaman  Filipina, SB Finance, dalam mengembangkan platform finansial omnichannel secara menyeluruh untuk digitalisasi aplikasi pinjaman, kebijakan kredit, pencairan dana dan penerimaan pembayaran, termasuk mengurangi paparan risiko

Bank komersial terbesar ke-4 di Sri Lanka, National Development Bank, baru-baru ini memilih vKYC (Video Know-Your-Customer) milik OneConnect untuk meluncurkan vKYC berbasis AI pertama mereka di negara tersebut. Platform vKYC OneConnect menjadi standar proses kerja untuk memfasilitasi nasabah yang membuka rekening baru serta mengajukan pinjaman dan kartu kredit secara jarak jauh, dengan aman dan mudah. OneConnect juga membangun sebuah solusi pinjaman digital end-to-end untuk sebuah bank komersial di Vietnam.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)