Pabrik Bola Adidas untuk Piala Dunia 2022 Itu Bikinan Madiun

Foto : Pemprov Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi PT Global Way Indonesia (GWI ) yang memproduksi bola Adidas. Bola resmi FIFA World Cup 2022 di Qatar itu diberi nama Al Rihla. Adidas mempercayakan pembuatan bola resmi Piala Dunia ini ke GWI yang memiliki pabrik di Jalan Raya Pilangkenceng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

"Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, tapi Timnas Indonesia juga bisa berlaga. Aamiin ya rabbal alamin," kata Khofifah saat melepas 50.000 buah bola  piala dunia ke lima negara di Madiun, bebera waktu lalu.

Adapun tujuan ekspor bola produksi GWI tersebut yakni Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat dan Brazil. Kapasitas produksi pabrik tersebut mencapai 1 juta bola dalam setahunnya. Khofifah, dalam siaran persnya ini, mengatakan  ekspor bola ke negara itu merupakan hal yang patut dibanggakan. “Bola produksi dari Bumi Kampung Pesilat  Kabupaten Madiun menghadirkan  produksi bola  kualitas piala dunia dan siap  dilepas ekspor,” ujar Khofifah.

Capaian tersebut diharapkan bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di seluruh Jawa Timur serta menjadi referensi dan gravitasi bagi sektor industri lainnya. Terlebih saat ini Jawa Timur tengah gencar memacu kebangkitan ekonomi yang sempat terkontraksi  akibat Pandemi Covid-19. "Produksi GWI seratus  persen export . Mudah-mudahan bisa menjadi bagian dari pengungkit  perumbuhan ekonomi di Madiun serta  Jawa Timur ," imbuhnya.

Tidak hanya sektor perekonomian, Khofifah menyebut bahwa apa yang dicapai Kabupaten Madiun tersebut dapat menjadi referensi bagi warga Madiun, Jawa Timur bahkan seluruh Indonesia untuk semakin semangat meningkatkan prestasi olahraga. Jika dalam gelaran Piala Dunia tahun 2022 bola resminya diproduksi di Indonesia maka kita berharap pada  momentum piala dunia selanjutnya Timnas Indonesia juga ikut main di piala dunia.

Pada kesempatan ini, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro mengatakan, kehadiran Gubernur Khofifah mampu menjadi penyemangat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Madiun untuk bekerja lebih baik lagi. Sebagai Bupati Madiun pun ia baru mengetahui bahwa GWI ini memproduksi bola untuk internasional dan memiliki pabrik dengan standar internasional. Pada kesempatan yang sama, General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo, mengatakan GWI memproduksi berbagai macam aksesoris olahraga termasuk bola.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)