Pameran Foto Pahlawan Marakkan HUT RI di Mal

Menyambut bulan kemerdekaan Indonesia yang ke-71 sejumlah pusat perbelanjaan sudah mulai menyiapkan strategi untuk menarik pengunjung. Dekorasi berwarna merah dan putih mulai terlihat di beberapa tempat. Selain dekorasi, beberapa mal mulai memberikan sentuhan berbeda, memajang foto-foto pahlawan misalnya.

Roni Bachroni, fotografer professional (keempat dari kanana) Roni Bachroni, fotografer professional (keempat dari kanana)

Mal Grand Indonesia bekerja sama dengan Roni Bachroni, fotografer profesional menampilkan berbagai foto bertema pahlawan, tapi menggunakan model selebriti dan sosialitas. Total ada 71 orang yang diajak bekerja sama oleh pria pendiri The One Photography ini. Beberapa di antaranya adalah Nia Dinata, Vina Panduwinata, Ario Bayu, Andine, David Naif, Okky Asokawati, dan masih banyak lagi.

“Saat ini banyak anak muda yang lupa pada sosok pahlawan Indonesia. Padahal mereka memiliki andil yang besar bagi kehidupan kita saat ini. Saya ingin mereka mengingat kembali jasa-jasa pahlawan kita, tapi dengan cara yang berbeda,” jelas Rony.

Dalam pameran foto ini, ia menampilkan berbagai sosok yang sudah dikenal masyarakat memerankan sosok pahlawan dari seluruh Indonesia. Proses pengerjaanya sendiri menghabiskan waktu hampir 3 bulan, mulai dari pengajuan ide hingga pelaksanaanya. Rencananya pameran ini akan berlangsung dua minggu di lobi Shinta, East Mal Grand Indonesia.

Dengan 2,2 juta pengunjung mal Grand Indonesia setiap bulannya, diharapkan pesan ini bisa tersebar luas. Menurut Dinia Widodo, Pulic Relations Manager Grand Indonesia. Rencana pameran ini bermula dari perbincangan biasa, dimana Rony memiliki keinginan untuk menampilkan karyanya di ruang publik.

Ia ingin menampilkan karya yang mampu membangkitkan rasa nasionalisme namun dengan cara yang tak biasa. Dinia mengaku tertarik dengan berbagai foto yang diperlihatkan Rony, sehingga ia mau membantu pria yang memulai karier fotografi di 1999 ini. “Grand Indonesia kan suka melakukan kegiatan yang tematik. Selain itu, kami  memiliki kesamaan visi dengan Rony mengenai pahlawan, sehingga kami bekerja sama,” jelasnya.

Selain dibantu oleh mal Grand Indonesia, Roni juga didukung oleh Djarum Foundation. Dalam pelaksanaanya Rony dibantu oleh dua penata gaya yaitu Hagai Pakan dan Alva Soesilo. Untuk semakin meningkatkan minat pengunjung, juga menggandeng Haif Octariasdi sebagai penyair puisi. Dalam pameran ini, pria yang dikenal dengan Fashion Runway Photoshoot ini, juga bekerja sama dengan Yayasan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)