Pameran Glasstec ke-25 Siap Digelar Oktober 2018

Pameran terbesar industri kaca Glasstec 2018 akan digelar untuk ke-25 kali di Düsseldorf, Jerman pada 23 – 26 Oktober 2018.

Glasstec merupakan pameran business-to-business terbesar untuk industri kaca di dunia, yang memamerkan teknologi, pengembangan produk, berbagai solusi, dan proses pembuatannya. Pameran ini akan menentukan standar-standar yang akan berlaku di industri kaca dunia.

Menjelang pameran, Messe Düsseldorf selaku penyelenggara melakukan roadshow presentasi ke Indonesia. “Dunia melihat industri kaca Indonesia cukup disegani karena memiliki pemain global yang mampu bersaing di pasar ekspor. Pasar dalam negeri juga cukup besar dengan permintaan didorong oleh sektor properti dan otomotif,” ujar Birgit Horn, Global Head and Director Messe Düsseldorf GmbH.

Untuk itulah Messe Düsseldorf mengutamakan bertemu dengan pelaku industri kaca Indonesia dengan harapan mereka mengambil kesempatan emas bertemu dengan pelaku industri ternama di dunia.

Di ajang Glasstec 2017 diikuti oleh lebih dari 1.230 peserta yang berasal dari 52 negara dan berhasil menarik perhatian lebih dari 40.100 pengunjung dari 121 negara. Dari jumlah pengunjung tersebut, 86% adalah orang-orang yang terlibat dalam pengambilan keputusan di perusahaan mereka.

Acara ini juga dihadiri oleh Yustinus H. Gunawan, Ketua Umum Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP); Henry Susanto, Ketua Asosiasi Produsen Gelas Kaca Indonesia; Rully Tanuwidjaja dari Ikatan Arsitek Indonesia, dan Egbert Wenninger, Senior VP of the VDMA (Asosiasi Manufaktur Mesin dan Pabrik Jerman).

Mengenai Glasstecc 2018, Yustinus mengatakan, industri kaca nasional perlu melakukan pengembangan produk berkualitas yang memenuhi standar SNI agar mampu berkembang dan bersaing dengan produk impor yang membanjiri pasar domestik. “Kami mengajak pelaku industri kaca Indonesia untuk berkunjung ke Glasstec 2018 agar mengetahui perkembangan teknologi terkini, sekaligus menemukan rekan bisnis di ajang ini,” jelasnya.

Pameran Glasstec ke-25 tahun ini akan menentukan standar-standar yang akan berlaku di industri kaca dunia. Para peserta pameran dari berbagai belahan dunia akan menghadirkan inovasi produk terbaru mereka. Selain itu, berbagai program seminar, demo produk, dan pelatihan menghadirkan pakarnya akan memberikan insight yang sangat berharga bagi pelaku Indonesia untuk dapat bersaing.

Selama pameran, akan didemonstrasikan berbagai teknologi pembuatan produk kaca bertajuk glass technology live. Demonstrasi produk ini terselenggara bekerja sama dengan jaringan universitas yang ada di Eropa, yaitu Technische Universität Darmstadt,Technische Universität Delft,Technische Universität Dresden, dan Technische Universität Dortmund.

Selain demonstrasi produk, teknologi dan solusi, berbagai konferensi, seminar dan pertemuan-pertemuan bisnis lainnya juga turut melengkapi acara Glasstec 2018. Berbagai acara yang ada dimaksudkan untuk menjembatani antara teori dengan praktek, serta agar terjalin hubungan baik diantara peserta dan pengunjung glasstec untuk mendukung terjadinya hubungan bisnis. Konferensi yang akan diadakan juga mengusung berbagai tema menarik untuk didiskusikan.

Salah satu hal yang membedakan Glasstec 2018 dengan gelaran Glasstec sebelumnya adalah adanya dukungan dari Pemerintah Jerman melalui Kementerian Ekonomi dan Energi terhadap perusahaan-perusahaan startup. Kepedulian tersebut diwujudkan dengan menghadirkan area pameran khusus perusahaan – perusahaan rintisan serta pemberian subsidi bagi perusahaan-perusahaan baru Jerman yang bergerak di industri kaca. Mereka diberi kesempatan bertemu untuk menjalin hubungan bisnis dengan berbagai perusahaan ternama.

Direktur WAKENI, Rini Sumardi, mengatakan, sudah beberapa tahun belakangan ini perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Indonesia menjadi fokus kerja Presiden Joko Widodo saat ini.

Kaca merupakan salah satu bahan komoditi yang diperlukan untuk menunjang pembangunan dan revitalisasi berbagai infrastruktur yang ada. Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri serta meningkatkan kualitas produk kaca yang sudah ada di Tanah Air, diperlukan bahan baku, teknologi serta proses finishing yang berkualitas. Para arsitek serta desainer juga perlu berbagai produk kaca yang berkualitas untuk diterapkan pada berbagai desainnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)