Pameran Pendidikan Taiwan 2017 Tawarkan Beasiswa dan Program 50 PT

Untuk yang ke-5 kalinya pameran pendidikan “Taiwan Higher Education Fair” digelar. Pameran itu akan berlangsung di Grand Ballroom Hotel Pullman, Central Park Jakarta pada 26 Agustus 2017.

John Lie, Ketua Penyelenggara Pameran Taiwan Education Fair 2017, menjelaskan, tahun ini ditargetkan hingga 6.000 pengunjung. Sebagai gambaran, pada waktu pameran ini diselenggarakan pertama kali tahun 2012 ada 2.000 pengunjung.

Sementara itu, jumlah peserta pameran tahun ini tercatat 50 perguruan tinggi di Taiwan yang menawarkan 47 jurusan pendidikan. "Pada awal pameran ada 30 perguruan tinggi Taiwan yang berpartisipasi. Tapi, kami batasi demi peningkatan kualitas," ujar John.

Hingga kini, tren jumlah calon mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Taiwan terus meningkat. Berdasarkan catatan John, tahun 2012 terdapat 2.903 mahasiwa Indonesia yang kuliah di Taiwan. Lalu, tahun 2013 naik menjadi 3.186 mahaiswa, pada 2014 ada 3.455 mahasiswa, tahun 2015 sejumlah 4.394 mahasiswa dan tahun 2016 ada 5.074 mahasiswa.

“Beberapa jurusan favorit pendidikan bagi mahasiswa Indonesia yang kuliah di Taiwan adalah engineering, kuliner dan kimia,” jelasnya. Meskipun begitu ada juga yang memilih bidang desain, manajemen bisnis, ekonomi, agrikultur, animasi, sastra, bahasa, kehutanan, perhotelan, kedokteran dan sebagainya.

John mengklaim, kuliah di Taiwan memiliki banyak keunggulan. Pertama, biaya kuliah dan biaya hidup lebih murah. Sebagai gambaran biaya kuliah di Taiwan sampai lulus sarjana 4 tahun sama dengan nilainya jika kuliah di Amerika Serikat atau Singapura selama 1 tahun. Kedua, kuliah di Taiwan selain dituntut mahir berbahasa Inggris, otomatis mahasiswa juga akan mampu berbahasa Mandarin sebagai bahasa sehari-hari di sana.

Ketiga, lingkungan budaya yang toleran tterhadap semua pendatang dari negara mana saja dan agama apa saja. Bagi yang Muslim pun tidak perlu khawatir karena sudah banyak rumah makan halal dan sejumlah masjid. Keempat, sekolah-sekolah di Taiwan adalah pindahan dari Daratan China, yang dikenal memiliki kualitas pendidikan setara dengan lulusan negara maju dan memiliki networking luas, seperti Amerika Serikat. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)