Pameran Seni Hybrid Jadi Solusi Art Momen Jakarta di Tengah Pandemi

Penyelenggara Art Moments Jakarta mengumumkan Art Moments Jakarta Online (AMJO) melalui platform virtual untuk pertama kali. Mulai tanggal 1-30 Juni 2021, pameran seni hybrid pertama di Indonesia ini dapat diakses melalui website artmomentsjakarta.com, dan aplikasi seluler Clamour. Selain itu, akan diadakan secara bersamaan tiga pameran offline di galeri seni di Jakarta.

Art Moments Jakarta adalah art fair yang diprakarsai oleh kolektor seni Indonesia, dan dikelola oleh tim penyelenggara art fair berpengalaman yang berbasis di Jakarta dan Singapura. Pameran ini adalah wadah bagi galeri seni lokal dan internasional untuk membangun jaringan, mengedukasi, dan mengambil peran aktif dalam industri seni dan kreatif Indonesia.

“Selama pandemi, kami mencari jalan di mana pelanggan dan mitra kami tetap dapat berinteraksi. Platform virtual menjadi jawaban untuk mengakomodir keperluan tersebut: untuk menjembatani pemilik galeri dan pecinta seni serta secara aktif mempromosikan seniman Indonesia beserta karya seninya,” ujar Leo Silitonga, Founder and Art Director of Art Moments Jakarta.

Juga, akan diadakan Art Conversations untuk membahas topik-topik yang berhubungan dengan seni dan kesehatan mental, seni dan investasi serta crypto art yang tengah hangat dibahas. Dimulai pada 20 Mei 2021 di Art: 1 di Kemayoran, Jakarta, Art Moments Jakarta menyelenggarakan acara offline yang menampilkan koleksi permanen yang dipilih oleh kurator profesional, serta program pameran yang berfokus pada seniman muda terpilih.

Tahun ini, Art Moments Jakarta Online bekerja sama dengan Clamour, platform seni dan teknologi seni yang berfokus pada pasar China dan Asia Tenggara. Aplikasi Clamour dilengkapi dengan blockchain yang memberikan opsi cryptocurrency, yang sejalan dengan sorotan Art Moments Jakarta pada subjek Non-Fungible Token (NFT). Aplikasi ini akan menampilkan berbagai karya seni terpilih yang berbeda dengan yang ditampilkan di website bersamaan dengan pameran Online Virtual Reality selama berlangsungnya hybrid art fair.

Pameran seni hybrid juga didukung oleh Tezos, jaringan blockchain open-source terdesentralisasi yang dapat menjalankan transaksi peer-to-peer. Seiring dengan langkah seniman Indonesia untuk merangkul NFT, sebuah alat untuk me-monetize karya mereka sembari membawa perkembangan positif pada industri seni Indonesia, TZ APAC dengan bangga mendukung lokakarya pembuatan NFT sebagai bagian dari Art Moments Jakarta, dimana seniman dan penggemar seni lainnya dapat berkumpul untuk mempelajari cara membuat karya NFT mereka sendiri di blockchain Tezos .

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)