Marketing Trends zkumparan

Pameran Sepeda dan Motor Lewat IIMS Motobike

Salah satu kegiatan di Black Market Week tahun lalu (Dok. Dyandra).

Data dari Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) menyatakan, kenaikan jumlah pengguna sepeda di DKI Jakarta selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) meningkat 10 kali lipat atau 1.000% bila dibandingkan dengan data yang diambil pada bulan November 2019.

Menjawab tren tersebut, PT Dyandra Promosindo akan membuat program IIMS MotoBike Show sebagai bagian dari Dyandra New Adventure (DNA) yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, 2-4 Oktober 2020.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo mengatakan, kegiatan ini merupakan area bagi brand beserta industri pendukung olahraga dan alat transportasi sepeda untuk dapat mempertujukan dan memasarkan produk unggulan mereka guna menjawab tren permintaan pasar yang kian hari terus meningkat.

“Kenaikan pengguna sepeda dan penjualan sepeda yang fantastis belakang ini memberikan kami inspirasi untuk membuat program menarik khusus untuk industri ini. Oleh karena itu, kami mencoba mengkolaborasikan antara sepeda dan sepeda motor di IIMS MotoBIKE Show 2020 yang memiliki beragam program menarik,” ujarnya dalam konferensi pers online.

Dalam program tersebut, rencananya akan hadir pula Fun Competition atau kompetisi balap sepeda yang berlangsung selama pameran. Agenda lainnya adalah Community Meet Up, kegiatan ini merupakan gowes bareng dari titik kumpul yang sudah ditentukan menuju JIExpo Kemayoran dan dapat diikuti oleh komunitas-komunitas sepeda dan masyarakat umum se-Jabodetabek.

“Kompetisi balap sepeda ini akan dikemas secara santai dan menyenangkan agar bisa diikuti oleh seluruh kalangan tanpa membatasi usia peserta,” kata Hendra.

Hendra melanjutkan, pihaknya juga menyiapkan talkshow yang akan menjadi kegiatan edukasi sebagai ruang dan media berbagi informasi dan tren terkini perihal gaya hidup sehat bersepeda. Talkshow ini akan menghadirkan pelaku industri beserta KOL (key opinion leader).

Terdapat juga Bicycle Parade & Catwalk sebagai ajang penampilan sepeda lengkap dengan style outfit yang dapat diikuti oleh pabrikan, pelaku industri pendukung, komunitas serta masyarakat umum. Acara akan dipandu juri yang diwakili oleh media, KOL, dan pegiat dunia sepeda.

Inovasi lain adalah Black Market Week. Program yang sudah berjalan dari tahun 2019 ini ditujukan bagi para penggemar kopi, teh, coklat, buku, dan musik di Indonesia. Beberapa agenda kegiatan yang disiapkan untuk Black Market Week adalah Community Exhibition, kegiatan ini bertujuan memamerkan sepeda motor dan kedai kopi.

“Seperti kita ketahui, sepeda motor dan kopi saat ini menjadi salah satu bagian gaya hidup yang tidak terpisahkan dalam masyarakat. Battle Coffee Tools Practice & Cupping menjadi kegiatan di area Black Market dimana pengunjung dan komunitas kopi juga komunitas motor akan diuji pengetahuan dan pengalamannya dalam perkopian nusantara,” jelasnya.

Kegiatan lain adalah The Coffee Rider’s yaitu aktivitas riding bersama pencinta otomotif dan kopi. Kegiatan ini bisa diikuti oleh automotive and coffee enthusiasts dari titik kumpul yang sudah ditentukan menuju JIExpo Kemayoran dan diakhiri dengan menikmati berbagai suguhan kopi nusantara.

Hendra pun menegaskan, selama acara berlangsung pihaknya memberlakukan protokol kesehatan sesuai dengan himbauan pemerintah dan anjuran dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Fenomena sepeda dan gaya hidup dari para pecinta kopi kami yakini menjadi salah satu sisi menarik dari DNA. Sudah tentu kami selaku penyelenggara berusaha menyajikan sajian inspiratif bagi pengunjung dengan tetap tegas memberlakukan protokol kesehatan,” tutur Kohen, panggilan akrab Hendra Noor Saleh.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved