Pandemi Dorong Transaksi Penjualan Produk Home Living

Tingginya aktivitas di rumah selama pandemi mendorong terjadinya peningkatan transaksi penjualan produk rumah tangga. Tokopedia mencatat terjadi peningkatan transaksi sebesar lebih dari 2x lipat pada kategori Home & Living di Tokopedia selama Q1 2021 jika dibandingkan dengan Q4 2020.

Hal ini juga dirasakan oleh Dekoruma, perusahaan penyedia barang dan jasa home and living, dimana selama Q1 2021 lalu, jumlah transaksi Dekoruma melalui Tokopedia meningkat lebih dari 5x lipat jika dibandingkan dengan Q1 2020.

"Kebutuhan work from home membuat penjualan online retail kami meningkat sangat pesat di awal 2021 ini. Adapun kategori yang mendominasi adalah home and living seperti meja dan kursi kerja, serta kategori kitchen seperti alat masak dan baking," ungkap Kania Bunga Wraspati, Interior Communication Manager Dekoruma.

Dengan perubahan itu, tren barang-barang dari segi dekorasi pun mengalami pengembangan. Kania menjelaskan, saat ini masyarakat lebih menggemari konsep space-saving yang dapat memaksimalkan ruang dan memanfaatkan setiap area. Furnitur multifungsi juga banyak digemari karena dapat menghemat ruang.

"Banyaknya aktivitas di rumah membuat masyarakat memanfaatkan satu area untuk berbagai aktivitas. Sehingga mereka membutuhkan furnitur multifungsi yang dapat membantu mereka untuk menikmati setiap momen di rumah," jelasnya.

Agar rumah terasa lebih nyaman, Kania pun membagikan inspirasi dan tips dekorasi rumah yang dapat dilakukan masyarakat selama pandemi. Pertama decluttering atau bersihkan rumah secara berkala. Menurut Kania, agar rumah terlihat lebih rapi sebaiknya singkirkan atau rapikan barang yang sudah tidak dipakai.

“Mulailah decluttering dari kamar tidur, lemari pakaian dan selanjutnya ke area kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Jangan lupa mengelompokkan barang-barang berdasarkan kategori dengan menggunakan kotak penyimpanan. Bisa juga menggunakan label agar barang lebih mudah dicari,” tambah Kania.

Kedua, tentukan spot favorit. Pilih ruangan yang luas dan nyaman dengan pencahayaan yang cukup untuk menjadi titik kumpul anggota keluarga saat melakukan aktivitas virtual. Ketiga, relayout tata letak furnitur. Menata ulang letak perabotan bisa memberikan suasana baru di rumah. “Contohnya, menerapkan penggunaan furnitur multifungsi agar pemanfaatan ruang lebih maksimal.”

Keempat, mengganti suasana warna rumah. Mengganti warna cat dinding rumah juga bisa memberikan kesan lebih segar. “Motif sederhana pada dinding juga bisa membuat ruangan terasa lebih playful. Pilihlah analogous color yaitu warna-warna yang berdekatan dalam lingkaran warna. Kombinasi ini akan memberikan warna yang harmonis sehingga nyaman di mata,” saran Kania.

Kelima, tambahkan dekorasi menarik. Hiasan dinding atau ornamen bergaya tematik seperti Ramadan dapat menjadi solusi untuk menambah kesan meriah. “Selain bermanfaat untuk menyegarkan dan memperindah suasana, mendekorasi rumah juga bisa memberikan kenyamanan bahkan meningkatkan fokus,” kata Kania.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)