Paragon Luluskan 306 Dosen Program ILP yang Pertama

Salman Subakat, CEO PT Paragon Technology and Innovation (Kanan Atas) dalam acara wisuda.

Adanya kurikulum baru Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, membuat dosen dituntut memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk mengambangkan keterampilannya sesuai dengan kebutuhan industri.

Untuk mendukung keberhasilan visi pemerintah tersebut, PT Paragon Technology and Innovation memberikan pelatihan kepada 306 dosen perguruan tinggi di seluruh Indonesia melalui program Inspiring Lecturer by Paragon (ILP) untuk pertama kalinya. Suci Hendrina, Head of Corporate Communication & CSR Paragon Tecnology and Innovation mengatakan bahwa program ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas dosen perguruan tinggi, sehingga mereka bisa menjadi agen perubahan dalam mewujudkan misi Merdeka Belajar.

“ILP memberikan penguatan kompetensi inti, pembekalan keterampilan kunci, dan pengayaan untuk memfasilitasi para dosen agar dapat menjadi penggerak utama ekosistem pendidikan di Indonesia,” kata dia dalam acara wisuda yang diselenggarakan secara virtual. Program tersebut diselenggarakan dari tanggal 26 Juni 2021 hingga 18 September 2021 melalui sarana virtual Zoom Meeting, Discord, dan EPIC yang merupakan platform learning milik Paragon University.

Adapun pembelajaran selama 3 bulan tersebut dilakukan dengan metode pembuatan rencana aksi, group coaching, dan keterampilan fasilitasi. “Lewat program ini, para dosen mendapatkan wawasan dan ilmu baru mengenai metode mengajar yang dapat diterapkan di perguruan tinggi,” kata Suci menambahkan.

Paragon juga melibatkan para ahli di bidangnya untuk mengajar para dosen tersebut. Beberapa mitra profesional pendidikan yang dihadirkan untuk memberikan materi adalah Maxima Indonesia, Pemimpin.id, IAF Indonesia, Aksara, Everidea Edu, Negarawan.id, dan Websis Edu. Sementara itu, Salman Subakat, CEO PT Paragon Technology and Innovation, berharap program ini dapat melahirkan banyak sosok agen perubahan dari kalangan dosen yang mampu memberikan learning inspiration. Sehingga dapat memberikan culture management dan mempengaruhi orang lain untuk mengubah mindset dan turut menjadi penggerak.

“Dosen penggerak dapat menjadi pendorong mahasiswa, mencetak mahasiswa yang inovatif, kreatif dan mampu menghadapi tantangan ke depan,” ujarnya. ILP merupakan program lanjutan dari program Lecture Coaching Movement yang diselenggarakan Paragon di awal tahun 2021. Program tersebut tercatat telah melatih 2700 dosen di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)