Technology Trends zkumparan

Pasar Idea 2019 Targetkan 120 Ribu Pengunjung

Pasar Idea 2019 Targetkan 120 Ribu Pengunjung
(Ki-Ka) Ketua Event Pasar idEA 2019, Josept Koko Hardjanto; Presiden Direktur PT. Traya Eksibisi Internasional, Bambang Setiawan; Ketua Umum idEA, Ignatius Untung,

Indonesia e-commerce Association atau Idea berencana akan menggelar pameran Pasar Idea 2019 pada 15 Agustus – 18 Agustus 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Idea dengan Traya Eksibisi Internasional yang bertujuan untuk mendukung dan memajukan ekonomi digital di Indonesia dengan menghubungkan ekosistem yang telah terbentuk.

Pasar Idea 2019 nantinya akan mempertemukan para pelaku industri e-commerce dengan konsumen secara langsung. Selain itu, acara ini juga akan dijadikan sebagai wadah komunikasi antarpelaku industri e-commerce di Indonesia.

Untuk diketahui, Euromonitor mencatat, sejak tahun 2014 penjualan online di Indonesia telah mencapai US$ 1,1 miliar. Sementara itu, Data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut dalam 10 tahun terakhir, industri e-commerce di Indonesia meningkat hingga 17% dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit.

Ignatius Untung S, Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia, mengatakan meskipun memiliki potensi yang besar, e-commerce di Indonesia masih memiliki beberapa tantangan, antara lain jumlah produk lokal yang masih kalah kuantitas dibanding produk-produk impor dan edukasi konsumen tentang transaksi berbelanja online yang aman.

“Kami hadir untuk mendorong keberpihakan terhadap industri ekonomi digital dan menjalin hubungan yang baik antara konsumen, pelaku industri dengan para mitra industri secara berkesinambungan, salah satunya dengan mengintegrasikan kanal online ke ranah offline, melalui pameran Pasar Idea 2019,” kata dia.

Riset terbaru Google dan temasuk dalam laporan e-conomy SEA 2018 menunjukkan bahwa ekonomi digital Indonesia tahun ini mencapai US$27 miliar atau sekitar Rp391 triliun. Angka tersebut menjadikan transaksi ekonomi digital Indonesia berada di peringkat pertama untuk kawasan Asia Tenggara dengan kontribusi sebesar 49%. Meski demikian, produk-produk asal Indonesia yang dijual di platform e-commerce masih di bawah 10% sehingga menjadi tantangan bersama agar membuat digital ekonomi dan e-commerce tidak hanya besar karena Indonesia sebatas sebagai market saja.

“Idea ingin memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi melalui aktivitas e- commerce dari masing-masing platform anggotanya. Selain itu, kami juga ikut mengedukasi masyarakat dan pelaku e-commerce untuk menciptakan transaksi online yang aman,” ujarnya menambahkan.

Lebih jauh dia mengatakan, asosiasi juga mengapresiasi dukungan yang diberikan pemerintah dalam mengakselerasi pertumbuhan yang sehat untuk industri e-commerce Indonesia sehingga menjadi salah satu penggerak utama dalam ekonomi digital baru di tanah air. “Kegiatan ini merupakan bukti dari kontribusi yang kami lakukan untuk mendukung kebutuhan dan kepentingan para pelaku industri e-commerce di Indonesia,” ujarnya.

Pasar Idea 2019 berfokus untuk memperkuat hubungan untuk membangun kepercayaan bagi pelaku industri dengan para pelanggan. Selain itu, kegiatan ini diharapkan akan mampu menyatukan komunitas, membuka interaksi dengan masyarakat, serta menampilkan tokoh-tokoh dari berbagai industri untuk berbagi pengalaman dan ide.

Sementara itu, Josept Koko Hardjanto, Ketua Pasar idEA 2019 menjelaskan Pasar Idea 2019 merupakan momentum bagi pelaku industri e-commerce untuk dapat terhubung secara real-time dengan para pelanggan. “Misalnya dengan berbagai kegiatan seperti games, talkshow, workshop dan loyalty program, sehingga tercipta customer engagement yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan,” ujar dia.

Eksibisi Pasar idEA 2019 akan menempati lahan indoor dan outdoor di JCC Senayan seluas 17.000 m dan akan menampilkan 250 eksibitor dari para pelaku e-commerce di Indonesia. Semenntara untuk pengunjung, Asosiasi menargetkan 120 ribu pengunjung selama 4 hari pelaksanaan.

“Pameran merupakan salah satu tools untuk mempertemukan pelaku industri dengan konsumen loyalnya secara langsung, sehingga konsep transaksi Market Place yang selama ini melalui online bisa hadir dalam sebuah wadah offline. Sebagai pameran pertama, target kami tidak muluk-muluk sekitar 120 ribu pengunjung bisa meramaikan Pasar idEA 2019“ ungkap Bambang Setiawan, Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved