Pasar Muslim Indonesia Setara dengan Pasar China

Gen m Shelina Janmohamed (tengah) penulis buku Generation M, Young Muslims Changing the World. Foto: Syukron Ali/SWA.

Indonesia sebagai penduduk muslim terbesar di dunia, memiliki potensi menjadi negara dengan kekuatan ekonomi yang besar dibandingkan China. Dari total konsumsi dunia sebesar US$ 16 triliun, China menyumbang konsumsi sebesar 11,8% atau senilai US$ 1,8 triliun.

Sedangkan konsumsi dunia muslim global hanya berbeda 5 poin dengan China. Jumlahnya US$ 1,8 triliun atau sebesar 11,3% dari konsumsi dunia. Dan Indonesia, menyumbang 1,2% dari populasi global muslim dunia dengan nilai US$ 194,38 miliar.

Hal tersebut di sampaikan oleh Riyanto Sofyan, Ketua Akselerasi Pariwisata Halal, Kementerian Pariwisata Indonesia saat bedah buku Generation M, Young Muslims Changing the World di Jakarta.(25/10/2016)

"Jumlah populasi muslim di dunia mencapai 1,6 miliar. Sebanyak sepertiganya adalah muslim berusia di bawah 15 tahun. Sedangkan dua pertiga berusia di bawah 30 tahun. Dan Indonesia menjadi magnet pergerakan kreativitas dan inovasi Gen M (generasi muslim) di dunia," jelas Shelina Janmohamed, penulis buku Generation M, Young Muslims Changing the World.

Shelina yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Ogilvy Noor menyebutkan bahwa populasi dunia diperkirakan akan meningkat 35% di empat dekade mendatang.

Sebagaimana data dari Pew Research Centre on Religion and Public Life. Jumlah populasi muslim di dunia diperkirakan meningkat 73%. Yaitu dari 1,6 miliar di tahun 2010 akan menjadi 2,8 miliar umat Muslim di dunia, di tahun 2050.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)