Pasar SAKTI Mendorong Transformasi Digital di Sektor UMKM

Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk Marlo Budiman bersama Direktur  PT  Infra  Solusi  Indonesia & Chief  Human  Capital  Officer PT  Link  Net  Tbk Yosafat  Hutagalung melalui  First  Academy meresmikan  penyelenggaraan Pasar  SAKTI (Shop  and  Share  Awesome  Knowledge – Things  and  Inspiration) dengan tagline “Mendapat  KeSAKTIan  di  Tengah  Ketidakpastian” secara virtual hari ini (22/7/2021).

Festival dan job fair berkonsep virtual animasi 3D ini akan dibuka setiap harinya pada 26 Juli hingga 1 Agustus, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan17.00 WIB. Pasar SAKTI merupakan rangkaian virtual event yang berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia serta pemanfaatan teknologi dan digitalisasi bagi sektor usaha kecil menengah dan startup.

Program ini bertujuan mendorong pengembangan bisnis sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian Indonesia, salah satunya UMKM sebagai salah satu sektor paling terdampak oleh pandemi Covid-19. Diketahui  pandemi  telah  menyebabkan  penurunan  omzet  pelaku  UMKM  seiring  turunnya daya  beli  masyarakat. 

Di  tahun  2020,  kontribusi  sektor  UMKM terhadap  PDB  nasional mengalami penurunan sebesar 23% (yoy) dari 60,3% menjadi 37,3%, dan tahun ini diproyeksi akan kembali turun sekitar 4 persen.

Marlo  Budiman mengatakan  bahwa  Link Net berkomitmen  untuk  terus  mendukung  UMKM  agar  bisa  bertahan  dan  berkembang.“Pergeseran pola konsumsi barang dan jasa dari offline ke online akibat pandemi Covid-19. Jadi, ini  peluang  dan  momentum  tepat digitalisasi  UMKM  melalui  sinergi  dan kolaborasi  guna mendukung pengembangan sektor potensial. Potensi digitalisasi ekonomi Indonesia masih sangat besar peluangnya dengan adanya bonus demografis dan penetrasi internet yang terus meningkat setiap tahunnya,” jelasnya.

Pembatasan aktivitas dan mobilitas di masa pandemi juga memberikan peluang bagi sektor UMKM  ataupun startup untuk memasarkan  jasa  dan  produknya  secara  daring.  Hal  serupa juga tercantum dalam hasil riset Katadata Insight Center (KIC) 2020 yang menyebut sebanyak 80,6% pelaku UMKM mengaku merasa terbantu dengan penggunaan internet.

Para pelaku UMKMyang memilih cara lain untuk bertahan, sekitar 29% dari mereka bahkan berekspansi dengan menambah jenis saluran penjualan dan pemasaran. Seluruh pelaku usaha kecil menengah dan bisnis komersial berkesempatan memanfaatkan virtual  event Pasar  SAKTI  sebagai platform untuk  mengenalkan  layanan  dan  produknya secara  luas  melalui pasar  UKM  dan  komersial.  Selain  itu,  seluruh  partisipan,  khususnya mereka para job hunters dan perusahaan juga dapat saling terhubung pada pasar tenaga kerja, serta mendapatkan beragam pengetahuan dan wawasan di pasar ilmu (webinar) yang akan  diisi  mulai  dari seminar, talkshow  & small semina rhingga workshop  & classes bersama pemateri-pemateri ahli di bidangnya.

Yosafat mengungkapkan,  dalam bisnis pastinya akan menghadapi pasang  surut.  Namun  berbekal skill dan  kompetensi,  setidaknya  kemampuan  dasar  akan  sangat membantu para pelaku bisnis usaha kecil dan menengah, startup bahkan profesional untuk bisa menghadapi berbagai perubahan dan tantangan. ”Beberapa  kemampuan  yang  perlu  dimilik ioleh  para  pelaku  UKM  dan startup di antaranya; entrepreneurship, managerial  skill, resilience  and  agility, networking  &  customer  oriented, financial; dan lain-lain,” jelasnya.

Sebagai  inkubator  pengetahuan,  First  Academy memiliki  misi  untuk mengembangkan  dan membantu  ekosistem  pengembangan  Sumber  Daya  Manusia  di  Indonesia.  Berkolaborasi dengan pengamat atau pakar di bidangnya yang meliputi people, process, dan technology, Pasar  SAKTI akan turut  mendorong  transformasi  digital  di  sektor  UMKM,  karena  teknologi dan digitalisasi menjadi satu hal yang ke depannya harus dapat dioptimalkan. 

Topik-topik yang akan dibawakan di Pasar Ilmu yaitu; Finding Self, Starting Up & Building Tribes;  Design  &  Mastering  The  Roadmap;  Funding  Collaboration  withTechnology; Delivering  &  Communication  the  Product;  Growing  the  Business  by  Elevating  the People; dan Innovation and Sustainability.

Nicky  Clara, COO This Able  Enterprise & Director  of  Strategic  Partnership Tenoon tmenyampaikan  dukungannya.  Menurut  Nicky,  Pasar  SAKTI  berpotensi  menjadi  salah satu support system untuk bisa saling bahu membahu, menguatkan satu sama lain di tengah keterbatasan. “Survive,  percaya  diri,  berani  mencoba  dan  tidak  takut  gagal  meski  dengan segala  keterbatasan. Inilah  yang  memang  terus  kami  suarakan  di  ThisAble  Enterprise  dan Tenoon.  Bahwa  optimistime  yang  diikuti  dengan  semangat,  ketekunan  dan  kegigihan  akan memberikan  hasil  yang  tidak  akan  mengkhianati  proses.  Begitu  pun  mereka  yang  memiliki keterbatasan  juga  memiliki  kesempatan  untuk  menunjukkan  diri  bahwa  mereka  mampu berkembang dan bersaing,” ungkap Nicky.

Setiap tenant yang ada di Pasar SAKTI akan tersedia berbagai konten informatif serta fitur chat yang memungkinkan seluruh partisipan berinteraksi ataupun melakukan transaksi komersial secara online.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)